Kamis, 12 Juli 2018 20:11 WITA

Trump Mengomel di KTT NATO, Sekjen Gelar Sidang Darurat

Editor: Suriawati
Trump Mengomel di KTT NATO, Sekjen Gelar Sidang Darurat
Foto: Zuma Press

RAKYATKU.COM - Sekjen NATO memerintahkan sidang darurat pada hari Kamis (12/07/2018) setelah Presiden AS Donald Trump menyampaikan komentar panas pada KTT, di mana ia meminta anggota untuk segera memenuhi target belanja militer 2% yang ditetapkan untuk 2024.

Dalam pertemuan tegang yang diperkirakan akan berfokus pada Georgia dan Ukraina, Trump dengan cepat mengubah subjek dengan pengeluaran militer. Ia memperingatkan sekutu bahwa jika mereka tidak segera memenuhi tujuan 2 persen, maka "saya akan melakukan caraku sendiri."

Tidak diketahui pasti maksud dari ucapan itu, entah itu ancaman untuk meninggalkan aliansi atau untuk mengubah peran AS di dalamnya.

Menurut Wall Street Journal, dalam omelan panjang, Trump melakukan serangan pribadi terhadap Belgia dan belanja militer Jerman. "Saya tidak senang," kata Trump, menurut seorang sumber pada WJS. Dia mengatakan kepada sekutu bahwa dia ingin mereka segera memenuhi tujuan pengeluaran, atau setidaknya berkomitmen sekarang jika mereka akan melakukannya.

Gedung Putih belum menanggapi permintaan untuk komentar terkait pernyataan Trump.

Setelah komentar Trump, Sekjen NATO Jens Stoltenberg menunda program KTT untuk sisa hari itu dan menggelar sesi darurat, di mana kepala negara, bergabung dengan hanya satu pejabat lain dari delegasi mereka, dan mendiskusikan pembagian tanggungan.

Komentar terbaru Trump ini secara dramatis meningkatkan ketegangan KTT NATO, di mana ia menghabiskan hari pertama dengan menekan sekutu untuk menggandakan target belanja militer menjadi 4% dari PDB, menuduh Jerman telah dikendalikan oleh Rusia" atas dukungannya terhadap gas Rusia, serta memproyeksikan dan mengkritik kebijakan perbatasan Eropa sebagai sesuatu yang "buruk!".