Kamis, 12 Juli 2018 16:08 WITA

Puskesmas di Kota Makassar Terima Bantuan dari Kemenkes RI

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Puskesmas di Kota Makassar Terima Bantuan dari Kemenkes RI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menerima 72 barang hibah dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI. Bantuan berupa komputer, printer dan LCD ini nantinya akan digunakan di puskesmas yang tersebar di Kota Makassar.

Barang tersebut diserahkan secara langsung tim leader Kemenkes RI, Isti Ratna Ningsi kepada Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, di Kantor Dinkes Makassar Jalan Teduh Bersinar, Kamis (12/7/2018).

"Kami dari tim Pusdatin dengan projek penguatan sistem kesehatan. Saat ini kami tengah mencoba untuk mendukung pelayanan kesehatan mulai dari bawah, yakni Puskesmas," kata Isti Ratna Ningsi. 

Isti menjelaskan, penguatan pelayanan kesehatan harus didukung dengan sistem data dan informasi akurat, menggunakan alat yang memadai dan menggunakan sistem berbasis online, serta terhubung langsung ke Kemenkes.

"Beberapa puskesmas di Indonesia masih mengunakan sistem data yang manual. Sehingga sangat rentan terjadi kesalahan akibat human error," ungkap Isti.

Olehnya, lanjut Isti, diperlukan adanya pengadaan komputer di setiap Puskesmas. Sehingga data yang tersaji dapat lebih akurat, tertata dan dapat dikirim tepat waktu saat diperlukan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, Kota Makassar telah menerapkan pendekatan teknologi informasi dalam pelaksanaan visi dan misi pembangunannya, yang tertuang dalam program “Makassar Smart City”.

"Terkait bantuan yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak. Khususnya GF-HSS dan Pusdatin Kemenkes RI yang telah memberikan perhatian besar kepada Dinkes Kota Makassar," ungkap Naisyah.