Kamis, 12 Juli 2018 15:30 WITA

Kisah Trump yang Pernah Nyasar di Pesawat Air Force One

Editor: Aswad Syam
Kisah Trump yang Pernah Nyasar di Pesawat Air Force One
Air Force One dan penampakan kabinnya.

RAKYATKU.COM, WASHINGTON - Lihatlah penamapakan di dalam Kantor Oval Trump di langit, saat dia menuju ke Inggris untuk kunjungannya.

Ini adalah salah satu pesawat yang paling dikenal di dunia, dan telah menjadi presiden di seluruh dunia kapan pun dan di mana pun, selama lebih dari 25 tahun.

Dan Air Force One seharga £200 miliar itu, adalah sebuah Boeing VC-25A yang begitu besar. Saking besarnya, Presiden Donald Trump dilaporkan pernah nyasar dan kehilangan jejak istrinya, Melania.

Selama setahun terakhir, kita telah terbiasa melihat Trump yang berangin kencang saat dia menuruni tangga merah yang terkenal itu.

Hal ini dijuluki Oval Office-nya dan diatur lebih dari tiga tingkat, dengan interior krem, kursi kulit cokelat, ek gelap, karpet berbintang dan lemari es yang dilengkapi untuk menangani 3.000 makanan.

Tapi meskipun kulkas spesifikasi tinggi yang dipasang Trump awal tahun ini, dia lebih cenderung terlihat masuk ke makanan cepat saji.

Di tempat lain di dalam adalah suite yang luas untuk Presiden dengan kantor besar, kamar kecil, dan ruang konferensi.

Air Force One termasuk suite medis yang dapat berfungsi sebagai ruang operasi, dan dokter secara permanen di kapal.

Sementara itu, dua galai persiapan makanan pesawat dapat memberi makan 100 orang sekaligus.

Ini juga memiliki tempat bagi mereka yang menemani Presiden, termasuk penasihat senior, petugas Dinas Rahasia, travel press, dan tamu lainnya.

Beberapa pesawat kargo biasanya terbang di depan Air Force One, untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh Presiden di lokasi terpencil.

Pesawat itu dihiasi dengan kata-kata Amerika Serikat, bendera Amerika, dan Segel Presiden Amerika Serikat, yang bahkan dapat ditemukan di sabuk pengaman.

Biaya pesawat sekitar £116.000 per jam untuk menjaga hak istimewa kepresidenan di udara, membanggakan 87 telepon, 19 TV dan pusat kebugaran, di antara fasilitas lainnya.

Ini juga beroperasi sebagai pusat komando militer udara, dengan komunikasi satelit global yang aman dan fasilitas studio TV yang memungkinkan presiden untuk mengatasi bangsa dari udara.

Setelah serangan teroris 9/11 di New York, AF1 harus mendarat untuk memungkinkan George W Bush berpidato.

Dan dalam hal serangan nuklir, AF1 terlindung dari pulsa elektromagnetik dari ledakan, yang jika tidak akan melumpuhkan elektronika pesawat dengan 238 mil kabel.

Peralatan lain termasuk flare yang mampu mengalihkan misil-misil pencari panas.

Setiap penerbangan diklasifikasikan sebagai operasi militer, dengan kru keamanan melakukan pemeriksaan menyeluruh di pesawat dan landasan pacu di Andrews Air Force Base Maryland sebelum lepas landas.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan bagasi-loader sendiri, untuk menghindari berbagi fasilitas bandara apa pun. Agen dinas rahasia juga diizinkan untuk menembak pada pandangan di papan, yang tersisa bersenjata setiap saat.

Ia juga memiliki kemampuan untuk dapat menerbangkan bagian terbaik dari sepertiga dari jalan di seluruh dunia, tanpa pengisian bahan bakar (meskipun telah dikonversi untuk di-flight top-up).

Istilah Air Force One menggambarkan setiap pesawat Angkatan Udara tertentu yang membawa presiden. Tapi hari ini, nama ini biasanya mengacu pada salah satu dari dua Boeing 747-200B yang sangat khusus yang telah dimodifikasi secara khusus.

Eksteriornya biru dan putih.

Berapa pilot Angkatan Udara yang dibayar?

Tidak jelas berapa tepatnya mereka dibayar dan tergantung pada peringkat pilot dan berapa lama mereka di militer.

Tapi seorang perwira entry-level dengan tiga tahun pengalaman menghasilkan sekitar $47.000 per tahun (£35.524), pada 2017. Seorang kolonel dengan pengalaman tiga tahun menghasilkan sekitar $92.000 (£ 69,538) setahun.

Bagaimana Anda menjadi pilot Air Force One?

Menjadi pilot Angkatan Udara membutuhkan komitmen kepada Angkatan Udara AS, pelatihan dan pengujian ekstensif, dan gelar.

Pertama, disarankan Anda mendapatkan gelar Sarjana di bidang penerbangan atau terkait untuk membantu pelatihan, dan kursus penerbangan sepenuhnya dalam sistem pesawat terbang, undang-undang penerbangan, dan sebagainya.

Maka Anda juga harus berusia antara 18-34 tahun, warga negara AS dan mengikuti Tes Kualifikasi Petugas Angkatan Udara.

Selanjutnya Anda perlu menghadiri sekolah pelatihan petugas, lulus pelatihan penerbangan awal, sebelum menyelesaikan pelatihan pilot sarjana.

Dan akhirnya memajukan karier Anda di Angkatan Udara Amerika Serikat.

Di mana Air Force One disimpan?

Andrews Air Force Base di Maryland adalah rumah dari dua Boeing VC-25A yang melayani Presiden Amerika Serikat.

Air Force One dipelihara dan dioperasikan oleh Grup Airlift Presiden, bagian dari Gedung Militer Gedung Putih.

Kenapa mereka menyebutnya Air Force One?

Istilah Air Force One adalah tanda panggilan untuk setiap pesawat Angkatan Udara yang membawa presiden.

Tapi itu biasanya mengacu pada dua pesawat seri Boeing 747-200B yang sangat disesuaikan, yang membawa kode ekor 28000 dan 29000, dan dilengkapi untuk mengangkut Panglima Tertinggi.