Kamis, 12 Juli 2018 12:29 WITA

Hari Anti Narkoba Internasional, Sumarsono: BNN Sahabat Kita

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Hari Anti Narkoba Internasional, Sumarsono: BNN Sahabat Kita

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menghadiri puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), di GOR balai rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka Makassar, Kamis (12/7/2018).

Peringatan HANI 2018 ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sulsel HM Roem, dan Asisten Operasi Lantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Musleh Yadi.

Dalam sambutannya, Soni Sumarsono menegaskan bahwa narkoba adalah musuh bersama. Ia mengatakan, peredaran narkoba telah mengancam ketahanan nasional dalam berbangsa dan bernegara. 

"Karena itulah, narkoba menjadi musuh bersama yang harus dilawan oleh semua elemen bangsa," katanya. 

Ia menambahkan, kehadiran BNN di tengah gawat darurat narkoba, dapat menjadi sahabat semua elemen bangsa untuk memberantas narkoba. 

"Narkoba adalah musuh negara karena merongrong pancasila. BNN Adalah sabat kita," kata Soni. 

"Apalagi BNN telah berjuang untuk menyelematkan generasi bangsa dari narkoba, jadi kita harus mendukungnya,"  imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan (Sulsel), Brigjen Pol Mardi Rukmianto mengatakan, jumlah bandar dan pengendara di Sulsel dari tahun 2016 sampai 2017 mengalami peningkatan. 

"Pada tahun 2016 sebanyak 12.423 orang. Tahun 2017, mengalami peningkatan sebanyak 19.514 orang. Kemudian dari jumlah pengguna pada tahun 2016 sebanyak 15.869 orang dan pada tahun 2017 mengalami kenaikan 21.961 orang," ungkapnya. 

Untuk itu, dalam rangka melawan narkoba dan memberantas pengedar dan pengguna narkoba. Pihaknya meminta dukungan dari semua pihak terkhusus orangtua yang bersentuhan langsung setiap hari dengan anggota keluarganya.

"Kita telah melakukan berbagai kegiatan untuk melawan narkoba tapi yang paling penting kita membutuhkan dukungan semua pihak termasuk keluarga untuk memberantas narkoba tersebut," tutupnya. 

Adapun teman peringatan HANI tahun ini adalah "Listen First-Listening to Children anda Youth is The First Step Help Them Grow Healthy anda Safe". Sementara untuk nasional diusung tema "Menyatu dan Menggerakan Seluruh Kekuatan Bangsa Dalam Perang Melawan Narkoba Untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Sehat Tanpa Narkoba".