Kamis, 12 Juli 2018 08:31 WITA

Rekaman dari Dalam Gua Thailand Menunjukkan Rute Pelarian Berbahaya

Editor: Suriawati
Rekaman dari Dalam Gua Thailand Menunjukkan Rute Pelarian Berbahaya
Tim penyelamat di dalam gua

RAKYATKU.COM - Rekaman dari penyelamatan luar biasa di gua Thailand telah menyoroti betapa berbahayanya misi untuk mengeluarkan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka dengan selamat.

Rekaman dimulai dengan menunjukkan tim bersiap-siap untuk menyelam ke dalam air keruh yang hampir menutupi seluruh mulut gua.

Selanjutnya, kita diperlihatkan kondisi gua yang licin, gelap, dan kadang sempit (tim harus membungkuk untuk bisa terus bergerak maju).

Bagian terakhir video menunjukkan tim mengangkut anak-anak satu persatu dengan tandu ke ruangan yang lebih luas dan aman.

Klip itu dirilis di halaman Facebook Angkatan Laut SEAL Thailand dan menunjukkan anak-anak lelaki itu mengenakan pakaian selam dan peralatan selam.

Penyelamatan akhir yang sukses mendorong sukacita internasional. Kepala misi penyelamat Narongsak Osottanakorn mengatakan, "Kami tidak melihat anak-anak itu bersalah atau sebagai pahlawan. Mereka adalah anak-anak yang menjadi anak-anak, itu adalah kecelakaan."

Anak-anak itu dibawa ke rumah sakit, di mana mereka diyakini pulih dari perjalanan berbahaya. Direktur rumah sakit Chaiwetch Thanapaisal mengatakan pada konferensi pers bahwa anak laki-laki harus tinggal di rumah sakit hingga 10 hari.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha meminta agar anak-anak diberikan waktu untuk pemulihan. "Yang penting adalah ... ruang pribadi. Cara terbaik adalah tidak mengganggu mereka dan membiarkan mereka belajar."