Rabu, 11 Juli 2018 20:27 WITA

"Saya Tidak Terbiasa Naik Lift," Ujar Mahathir Sambil Memanjat Tangga

Editor: Aswad Syam
Mahathir Mohammad

RAKYATKU.COM, KUALA LUMPUR - Berapa banyak dari Anda yang menggunakan lift alih-alih naik tangga ke kantor Anda pagi ini? 

Yah, kebanyakan dari kita mungkin akan bersalah, karena mengambil jalan yang lebih mudah, kecuali Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, yang masih kuat menjalankan pemerintahan pada usia 93 tahun. 

Selama wawancara dengan Astro Awani, Mahathir mengungkapkan, dia akan terus mengukur status kesehatannya melalui tes yang berbeda, dan yang favoritnya tidak lain adalah dengan menaiki tangga. 

Jika dia bisa menaiki tangga, itu berarti dia masih dalam kondisi sangat baik. Meskipun memiliki tumpangan di rumahnya, dia jarang menggunakannya. 

“Sampai sekarang saya masih menaiki tangga. Di kantor saya (Perdana Leadership Foundation), ada 28 tangga untuk naik. Saya menjadikannya kebiasaan untuk tidak menggunakan lift. Di rumah kami, kami memasang lift, tetapi kami tidak sering menggunakannya. Saya lebih suka menaiki tangga,” kata pria yang akrab disapa Tun M ini.  

Selain tetap aktif, Mahathir juga mengatakan dia sangat disiplin ketika datang ke konsumsi makanan. Dia tidak pernah overeats, dan itulah alasan mengapa dia masih bisa memakai celana yang dia beli 35 tahun lalu. 

Dalam hubungannya dengan perayaan ulang tahun ke-93 Mahathir kemarin (10 Juli 2018), Dr Yahya yang telah melakukan operasi jantung dua kali di Mahathir pada tahun 1989 dan 2007, diundang untuk mewawancarai pasangan termanis Malaysia. 
Dr Yahya sangat bangga dengan Mahathir, karena dia masih cukup sehat untuk menjalankan negara pada usia 93 tahun. Dia berkata, “Saya terkesan, Tun. Ketika Lee Hsien Loong (Perdana Menteri Singapura) mengunjungi Anda baru-baru ini, saya perhatikan bagaimana Anda menaiki tangga Perdana Foundation. Saya sangat bangga dengan Anda, dan Anda sama sekali tidak terlihat kehabisan napas.” 

Dr Yahya juga menggambarkan Mahathir sebagai "pasien teladan" karena dia adalah individu yang sangat disiplin, yang mematuhi instruksi dokter. “Dia adalah orang yang sangat disiplin yang mengambil instruksi dengan sangat baik dari para dokter. Dia menjaga pola makannya,” kata Dr Yahya.