Rabu, 11 Juli 2018 20:16 WITA

Yunani Usir Dua Diplomat Rusia

Editor: Suriawati
Yunani Usir Dua Diplomat Rusia
PM Yunani Alexis Tsipras (kanan) berbicara dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (kiri)

RAKYATKU.COM - Yunani memerintahkan pengusiran dua diplomat Rusia dan melarang dua orang lainnya masuk ke negara itu karena diduga melemahkan keamanan nasional.

Menurut laporan BBC, Pemerintah Yunani menuduh pejabat Rusia bertindak untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi sensitif.

Sebagai tanggapan, pada hari Rabu (11/07/2018) Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan akan mengambil tindakan timbal balik, dengan mengusir dua diplomat Yunani.

Ini menandai kemerosotan dalam hubungan diplomatik antara Athena dan Moskow, yang telah memiliki hubungan erat selama beberapa dekade.

Media Yunani, Kathimerini melaporkan bahwa pemerintah menyerukan pengusiran diplomat Rusia atas adanya klaim bahwa mereka terlibat dalam upaya untuk mengambil bahan di negara itu, yang kemudian dapat digunakan untuk menyuap para pejabat negara Yunani.

Laporan Kathimerini juga berisi tuduhan bahwa Rusia telah mencoba campur tangan dalam isu-isu sensitif, khususnya sehubungan dengan masalah nama Makedonia. Bulan lalu, Makedonia dan Yunani setuju untuk mengakhiri pertikaian 27 tahun dengan mengganti nama bekas Yugoslavia, jadi Republik Makedonia Utara.