Kamis, 12 Juli 2018 07:30 WITA

Hacker Rusia Bidik Pasokan Air Ukraina

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hacker Rusia Bidik Pasokan Air Ukraina

RAKYATKU.COM - Sebuah stasiun pelimpah yang membersihkan pasokan air Ukraina telah ditargetkan oleh peretas Rusia, kata para pejabat.

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan penyerang yang disponsori Kremlin menargetkan "infrastruktur penting" yang membersihkan air bersih negara.

"Dalam kerja sama erat dengan administrasi perusahaan, [dinas keamanan Ukraina] berhasil mencegah potensi bencana buatan manusia," tambah agensi tersebut, dikutip dari Sky News, Rabu (11/7/2018).

Ada kampanye yang sedang berlangsung dari kegiatan-kegiatan maya yang bermusuhan yang menargetkan Ukraina yang tampaknya berasal dari Rusia - tetapi ini tampaknya menjadi yang pertama yang secara langsung menempatkan sanitasi air beresiko.

VPNFilter, malware yang ditemukan oleh layanan keamanan di balik serangan itu, bersifat modular. Ini berarti dapat digunakan dengan berbagai fitur untuk spionase, serta menyebabkan kerusakan pada sistem yang diinfiltrasikan.

Ini pertama kali terdeteksi pada bulan Mei oleh Talos Intelligence, lengan keamanan perusahaan jaringan komputer Cisco.

Pada saat itu, dinas keamanan Ukraina memperingatkan bahwa pemerintah Rusia sedang mempersiapkan serangan maya besar yang menargetkan final Liga Champions , meskipun ini tidak terjadi.

Itu akan terjadi setahun setelah serangan maya "kuat" lainnya di negara yang tersebar di seluruh dunia, menghapus sistem pemantauan radiasi Chernobyl dalam prosesnya.

Awal tahun ini, Inggris dan AS mengaitkan serangan itu - yang dikenal sebagai NotPetya - kepada pemerintah Rusia, yang mencaplok semenanjung Krimea di timur Ukraina pada 2014.

Tags