Rabu, 11 Juli 2018 16:09 WITA

Pilgub Sulsel Tanpa Gugatan, 6 Pilkada Lanjut ke MK

Editor: Mulyadi Abdillah
Pilgub Sulsel Tanpa Gugatan, 6 Pilkada Lanjut ke MK
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pilgub Sulsel bisa dipastikan tak lanjut ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini menyusul para pasangan calon yang kalah legawa menerima putusan KPU Sulsel. 

Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar, Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo dan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar sudah mengucapkan selamat kepada peraih suara terbanyak, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman. 

Dengan demikian, KPU Sulsel sisa menunggu surat dari MK untuk menjadi rujukan penetapan pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulsel terpilih. 

Dalam catatan Rakyatku.com sepanjang Pilgub Sulsel sistem pemilihan langsung, cuma kontestasi kali ini yang bebas gugatan ke mahkamah. Dua Pilgub sebelumnya berlanjut ke mahkamah.

Berbeda dengan 12 pilkada kabupaten/kota di Provinsi Sulsel. Hingga Rabu siang (11/7/2018) pukul 15:40 WITA, tercatat sudah 6 pilkada yang tercatat di situs MK. Yakni Pilkada Kota Parepare, Palopo, Makassar, Kabupaten Pinrang, Sinjai dan Bantaeng.

Ada delapan pasangan calon yang mengajukan permohonan. Dari enam pilkada yang lanjut ke MK itu, ada dua pemohon dari Pilkada Kota Makassar dan Sinjai. 

Sesuai tahapan, hari ini adalah batas akhir pengajuan permohonan gugatan ke MK. Hal itu merujuk pada Pasal 157 ayat (5) UU 10/2016 yang berbunyi; Permohonan Pemohon diajukan kepada Mahkamah paling lambat dalam tenggang waktu 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak diumumkan penetapan perolehan suara hasil Pemilihan oleh KPU/KIP".

Berikut daftar pemohon Pilkada Serentak Sulsel di situs MK:

Pilkada Kota Makassar
- Pemohon: M Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti
- Pemohon: Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi

Pilkada Kabupaten Sinjai
- Pemohon: Takyuddin Masse-Mizar Roem
- Pemohon: Sabirin Yahya- A Mahyanto Massarappi

Pilkada Kota Parepare
- Pemohon: Achmad Faisal Andi Sapada-Asriady Samad

Pilkada Kabupaten Pinrang 
- Pemohon: Abdul Latif-Usman Marham

Pilkada Kabupaten Bantaeng 
- Pemohon: Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba

Pilkada Kota Palopo
- Pemohon: Akhmad Syarifuddin Daud-Budi Sada