Rabu, 11 Juli 2018 15:03 WITA

Ini Penyebab Pemilik KM Lestari Maju Jadi Tersangka

Editor: Aswad Syam
Ini Penyebab Pemilik KM Lestari Maju Jadi Tersangka
Kabid Humas Polda Sulsel, kombes Pol Dicky Sondani

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polda Sulsel masih terus melakukan pendalaman, terkait kasus pelayaran maut KM Lestari Maju saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, Selasa (3/7/2018) lalu.

Terkait kasus tersebut, Poda Sulsel melakukan pemeriksaan maraton terhadap sejumlah saksi, hingga menetapkan 3 orang sebagai tersangka. 

"Ini belum selesai, kami akan terus bekerja, akan melakukan penyidikan lagi siapa yang bertanggungjawab. Kecelakaan laut ini tidak tutup kemungkinan ada tambahan tersangka baru, tapi untuk saat ini baru 3 tersangka," ungkap Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu (11/7/2018). 

Dalam kasus ini, penyidik Polda Sulsel secara resmi menetapkan Hendra Yuwono Njo, Pemilik kapal maut KM Lestari Maju. Selain itu dua orang lain yang ditetapkan sebagai tersangka atas nama Kwat Marianto (KM) selaku perwira Posko Pelabuhan Bira yang menerbitkan SPB dan Agus Susanto (AS) selaku nakhoda KM Lestari Maju.

Dalam kasus tersebut, Hendra disebut dengan jelas telah melakukan kelalaian.

"Lalainya sudah jelas peran pemilik kapal. Hasil penyidikan, dia tidak ajukan kembali dokumen keselamatan yang telah kedaluarsa, padahal harusnya diaudit. Ini sama saja membiarkan," tambahnya.

Selain itu, Dicky mengatakan, pembiaran diduga telah tahunan dilakukan oleh Hendra. Padahal menurut Dicky, hal tersebut semestinya penuhi oleh Hendra.

"Mungkin sudah lebih setahun, seharusnya kalau sudah ada dokumen harus ditindaklanjuti apa yang harus diperbarui, sehingga kita tidak tahu bagaimana kondisi kapal sebenarnya," tambahnya.