Selasa, 10 Juli 2018 20:27 WITA

Besok, BKN Bahas Mekanisme Seleksi Penerimaan CPNS

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Besok, BKN Bahas Mekanisme Seleksi Penerimaan CPNS

RAKYATKU.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar Rakornas Pegawai pada tanggal 11 Juli 2018, besok, di Gedung Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD Tangerang. Rakornas ini akan membahas mekanisme seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Diketahui, lowongan CPNS 2018 akan kembali dibuka. 

"Ini (Mekanisme) Seleksi CPNS akan dibahas dan bahkan merupakan special issue yang akan dipaparkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2018," ujar Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan.

Rakornas ini akan dihadiri oleh perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah di seluruh Indonesia. Pada pertemuan tersebut akan ada banyak materi yang akan dipaparkan, antara lain mengenai "Grand Design Pengelolaan Human Capital Aparatur Sipil Negara Menuju World Class Aparatur Sipil Negara" yang akan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Seperti yang dilansir dari Okezone, BKN tengah menyiapkan mekanisme sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 terkait mekanisme sistem seleksi dan pendaftaran, yang akan dibawa pada Rakornas Kepegawaian Tahun 2018.

Salah satu alasan diangkatnya isu tersebut adalah untuk memperluas penetrasi kepahaman publik mengenai seleksi CPNS yang kini semakin profesional. Terutama untuk transparans dan obyektifitas sebagai bukti komitmen mewujudkan kinerja birokrasi yang lebih baik.

Adapun perbedaan tata cara seleksi CPNS 2018 dan 2017, dapat dilihat dalam rangkuman di bawah ini:

1. CPNS tahun 2018 berencana menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi. Sistem tersebut akan memangkas alur penyelenggaraan seleksi, salah satunya dalam mekanisme pendaftaran.

2. Terdapat perbedaan mekanisme CPNS 2018 dengan 2017. Jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

3. Rencananya dalam pelaksanan seleksi CPNS pun juga hanya akan menggunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN).

4. Dengan sistem CAT, maka mekanisme rekrutmen CPNS 2018 akan berjalan obyektivitas dan transparan, yang mampu dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi selama ini.