Selasa, 10 Juli 2018 17:29 WITA

WNA Mendadak Sakit di Selat Makassar, Lantamal VI Jemput Pakai Kapal Perang

Editor: Abu Asyraf
WNA Mendadak Sakit di Selat Makassar, Lantamal VI Jemput Pakai Kapal Perang
Prajurit Lantamal VI mengevakuasi WNA asal Filipina yang sakit saat sedang berlayar menuju Australia.

RAKYATKU.COM - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) mengevakuasi warga asing yang sakit saat sedang berlayar di wilayah selat Makassar, Selasa (10/07/2018).

Warga Asing yang berasal dari Filipina tersebut dievakuasi dengan KRI Madidihang-855 di selat Makassar Alur Laut Kepulauan Indonesia II, (ALKI II).

Asisten Operasi (Asops) Dantamal VI Kolonel Laut (P) Musleh Yadi mengatakan bahwa evakuasi ini berdasarkan adanya laporan dari Kapal MV Paraburdoo Vessel dari Taiwan ke Australia yang sedang berlayar di selat Makassar ALKI II.

Mereka meminta bantuan akan adanya warga asing yang terkena penyakit stroke atau lumpuh serta membutuhkan petolongan ke rumah sakit kepada Lantamal VI.

WNA Mendadak Sakit di Selat Makassar, Lantamal VI Jemput Pakai Kapal Perang

"Proses evakuasi dilakukan dengan mengirim KRI Madidihang-855 yang merupakan bantuan dari Koarmada II ke tempat posisi warga asing tersebut berada di sekitar Pulau Kapoposang Kabupaten Pangkep," jelas Musleh Yadi.

WNA itu kemudian diterima tim kesehatan Lantamal VI di dermaga Layang Mako Lantamal VI. Selanjutnya warga asing tersebut dibawa ke Rumah Sakit Siloam Makassar untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kadispen Lantamal VI, Kapten Laut (KH) Suparman Sulo mengatakan, sampai saat ini, warga asing tersebut untuk sementara menjalani pengobatan dan akan terus dipantau perkembangan kesehatannya oleh tim medis terkait.