Selasa, 10 Juli 2018 14:11 WITA

Bawaslu Sulsel Harap Kasus Manipulasi Data Pilwalkot Makassar Tak Dilepas Begitu Saja

Editor: Nur Hidayat Said
Bawaslu Sulsel Harap Kasus Manipulasi Data Pilwalkot Makassar Tak Dilepas Begitu Saja

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan berharap kasus dugaan manipulasi data Pilwalkot Makassar yang ditemukan di Kecamatan Tamalate tidak hilang begitu saja. Bawaslu tetap berharap penyelidikan terhadap laporan tersebut harus tetap berjalan sampai tuntas.

"Kami sangat berharap sekali kasus ini tidak kemudian dengan mudah dilepas begitu saja karena ini menyangkut persoalan integritas Pemilu. Dan memang sudah menjadi perhatian kami dan juga sudah menjadi perhatian secara nasional. Sangat disayangkan jika kemudian kasus ini tidak bisa kita tuntaskan," kata Komisioner Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf, Selasa (10/7/2018).

Menurut Azry, pihak Bawaslu Sulsel tetap memantau dan me-monitoring perkembangan kasus tersebut sampai saat ini.

"Kami melakukan monitoring terhadap kasus itu. Yang pasti bahwa salah satu kendala proses yang ada di Gakkumdu adalah karena Ketua PPK Tamalate ini tidak bisa ditemui. Kita juga berupaya untuk mencari dan kita sangat berharap yang bersangkutan kooperatif datang memberikan keterangan agar semuanya bisa terang benderang," harapnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, menurut Azry, sampai saat ini penyidik di Panwas Kota Makassar masih bingung mau bertindak bagaimana, sebab yang bersangkutan belum bisa ditemui.

"Teman-teman penyidik di Panwas Makassar masih blank karena memang tidak diketahui berada dimana. Sudah dilakukan pencarian secara maksimal. Sebetulnya seandainya sudah ada bukti-bukti yang sudah kuat bisa saja ditingkatkan ke penyidikan tapi memang sampai hari ini saya dengar laporannya belum ditingkatkan kepenyidikan karena beberapa alasan. Alasannya, teman-teman bisa ke Sentra Gakkumdu menanyakan," pungkasnya.