Jumat, 06 Juli 2018 18:30 WITA

Paling Mahal, Segini Biaya Pengamanan Trump ke Inggris

Editor: Aswad Syam
Paling Mahal, Segini Biaya Pengamanan Trump ke Inggris
Presiden AS, Donald Trump berjalan di antara pengawal yang membentengi dirinya.

RAKYATKU.COM, LONDON - Kunjungan Donald Trump ke Inggris, akan menjadi kunjungan kenegaraan yang paling mahal biaya pengamanannya.

Dilansir dari Dailymail, pengamanan yang diistilahkan "cincin baja" di sekitar presiden, termasuk kapal induk, helikopter pemikat dan ribuan petugas polisi.

RUU untuk perjalanan tiga hari pemimpin Amerika diperkirakan sekitar £30 juta (Rp570 miliar), sebagai rencana layanan keamanan kedua negara untuk bekerja sama menjauhkan Trump dari kesulitan.

Protes dan protes balasan direncanakan dengan 50.000 diperkirakan akan menghantam jalanan. Dengan ancaman kekerasan menjulang di ibukota ketika Trump tiba pada 13 Juli, operasi besar sedang berlangsung.

Sepuluh ribu polisi Inggris akan dikerahkan, saat libur musim panas bagi para perwira intelijen utama telah dibatalkan dan izin keamanan diberikan untuk agen AS di Downing Street.

Presiden tidak mau mengambil risiko, karena ia membawa gudang perangkat keras militer dan stafnya yang paling tangguh dan tepercaya. 

Cadillac 'The Beast' Trump senilai £1,2 juta, telah diterbangkan di salah satu pesawat militer terbesar di dunia - Super Galaxy C5.   

Sementara itu kapal induk Angkatan Laut AS, USS raksasa Harry S Truman, akan berlabuh di pantai selatan sebagai cadangan.

Sebuah pesawat rotor kembar Osprey V22 akan ada di pesawat bersama dengan helikopter Black Hawk, jika presiden perlu diekstraksi dengan cepat.

Pembawa USD4,5 miliar, yang digunakan baru-baru ini di Suriah, dirancang untuk 'memproyeksikan kehadiran Amerika dan mematikan pantai apa pun' menurut angkatan laut AS.

Kapal bertenaga nuklir - yang beratnya 97.000 ton - hampir sepanjang Empire State Building hampir mencapai 1.100 kaki. 

Di bawah dek terdengar sebuah kota kecil dengan lebih dari 5.500 orang.

Panggung awal sudah dimulai dengan satu minggu untuk pergi di bawah operasi keamanan raksasa.

Yang pertama dari pengawal Trump tiba di RAF Lakenheath, Pangkalan AS di Suffolk, minggu lalu.

Menjelang kunjungannya, helikopter Sikorsky pribadi presiden, kode-bernama Marine One akan tiba. Mereka diharapkan akan bergabung dengan dua decoy. 

Inggris masih dalam siaga tinggi untuk serangan teror, dengan ratusan orang terkait dengan kelompok-kelompok teror yang diawasi di seluruh negara.

Latihan 'berjalan melalui, berbicara melalui' telah dilakukan di semua rute yang direncanakan di perjalanan - sehingga petugas keamanan dapat mencari potensi kelemahan dan mencakup area pemogokan potensial. 

AS akan mengirim sekitar empat puluh petugas intelijen untuk bekerja secara langsung dengan SAS.

Seorang sumber keamanan senior mengatakan kepada Daily Mirror: "Kunjungan ini telah direncanakan untuk waktu yang lama, dari polisi bersenjata lengkap dan pasukan khusus pakaian biasa duduk di van tanpa tanda ke sebuah pasukan kesiapan sekunder dan helikopter RAF Chinook duduk di tepi ibukota.

"AS menuangkan sumber daya ke Inggris dalam apa yang akan menjadi operasi keamanan terbesar yang pernah mereka lakukan di negara ini.

"Trump mungkin adalah Presiden AS yang paling memecah belah untuk datang ke Inggris dan karena itu kepresidenannya telah memicu kebencian dan kebencian yang meluas, mengingat kebijakan luar negerinya yang agresif dan pendirian sentuhannya di dalam negeri.

"Dia menghadapi banyak ancaman dan itulah sebabnya operasi untuk melindunginya begitu luas."

Presiden akan tiba di Bandara Stansted di luar ibukota pada Kamis malam dan akan menuju ke Blenheim Palace untuk makan. 

Pada hari Jumat ia akan bertemu Ratu Elizabeth di Windsor Castle dan Theresa May, perdana menteri, di Chequers.