Jumat, 06 Juli 2018 17:29 WITA

Baru 3 Calon Senator Dapil Sulsel Penuhi Syarat Dukungan

Penulis: Rizal
Editor: Mulyadi Abdillah
Baru 3 Calon Senator Dapil Sulsel Penuhi Syarat Dukungan
Tamsil Linrung saat menyerahkan berkas dukungan beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasca verifikasi faktual, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menetapkan tiga orang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel yang telah memenuhi syarat dukungan minimal pencalonan.

Ketiganya adalah Sindawa Tarrang, Amil Sadik, dan Saiful Saleh. Sementara itu, 21 Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel lainnya harus memasukkan perbaikan dukungan pada rentang waktu 21-24 Juli mendatang.

"Baru tiga orang yang dinyatakan memenuhi syarat. Selebihnya, 21 orang harus melakukan perbaikan. Mereka harus memasukkan perbaikan dukungan dan menyerahkan kembali perbaikan dukungannya ke KPU Sulsel," kata Kepala Sub Bagian Hukum KPU Sulsel, Julita Rahayu, saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Jumat (6/7/2018).

Menurut Ayu, sapaan akrabnya, perbaikan dukungan yang bakal disetor oleh 21 bakal calon lainnya yang belum memenuhi syarat dukungan tersebut akan kembali diverifikasi faktual oleh KPU Sulsel. 

"KPU Sulsel akan melakukan verifikasi faktual pada tanggal 21-26 Juli. Sekalipun, belum memenuhi syarat dukungan, mereka tetap bisa melakukan pendaftaran pada tanggal 9-11 Juli nanti. Mereka tetap lampirkan rekap verifikasi faktual, artinya mereka sudah melalui tahapan, nanti akan diumumkan, yang mana lolos saat penetapan," jelasnya.

Sekadar diketahui, dari 21 Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel yang dinyatakan belum memenuhi syarat dukungan didalamnya terdapat incumbent dan beberapa nama yang sangat familiar. Sebut saja Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, anggota DPR RI Tamsil Linrung, petahana DPD RI Iqbal Parewangi, serta Ajiep Padindang.

Mereka dinyatakan belum memenuhi syarat, karena dukungannya tidak memenuhi syarat minimal 3.000 dukungan dan minimal sebaran 12 kabupaten/kota.