Jumat, 06 Juli 2018 15:43 WITA

Pemeriksaan Data dan Sidik Jari Calon Jemaah Haji Tidak Lagi di Arab Saudi

Penulis: Himawan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pemeriksaan Data dan Sidik Jari Calon Jemaah Haji Tidak Lagi di Arab Saudi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia tahun ini membuat kebijakan baru untuk para calon jemaah haji. Salah satu kebijakan tersebut ialah proses pengambilan data dan sidik jari biometrik calon jemaah haji akan dilakukan di setiap asrama haji. 

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mengungkapkan aturan ini diterapkan di 13 asrama embarkasi yang ada di Indonesia, tak terkecuali embarkasi Makassar. 

Kaswad mengatakan di tahun-tahun sebelumnya, proses pengambilan data dan sidik jari biometrik ini dilakukan di bandara Arab Saudi, tempat calon jemaah haji mendarat pertama kali. 

"Kemenag bekerjasama dengan pemerintah Arab Saudi bahwa proses pengambilan data dan sidik jari biometrik yang biasa dilakukan di bandara Arab Saudi kini dilakukan di Asrama Haji Sudiang," kata Kaswad kepada Rakyatku.Com, Jumat (6/7/2018).

Menurut Kaswad, ada banyak pertimbangan sehingga kebijakan baru ini diambil. Salah satunya ialah, Kemenag memandang jika proses pengambilan data dan sidik jari ini dilakukan di Arab Saudi akan memengaruhi kondisi psikologis para jemaah. 

Hal ini disebabkan karena pemeriksaan yang dilakukan di Arab Saudi juga dengan bantuan petugas keamanan dari Arab Saudi yang tentu saja memakai bahasa yang berbeda dengan calon jemaah haji Indonesia. 

"Selain itu nanti jika sampai ke Bandara King Abdul Aziz di Jeddah atau bandara di Madinah, jemaah tidak lagi singgah untuk pemeriksaan dan langsung menuju asrama yang selama ini menjadi beban jemaah-jemaah dari kampung yang takut dengan bahasanya," tutur Kaswad. 

Calon jemaah haji embarkasi Makassar sendiri dijadwalkan akan memasuki Asrama Haji Sudiang pada tanggal 16 Juli 2018 mendatang. Sehari setelahnya, kloter pertama embarkasi ini yang berasal dari Makassar diterbangkan ke Madinah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.