Sabtu, 07 Juli 2018 07:00 WITA

Selama 60 Juta Tahun, Ngengat dan Kelelawar Bersaing Dalam Evolusi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Selama 60 Juta Tahun, Ngengat dan Kelelawar Bersaing Dalam Evolusi

RAKYATKU.COM - Selama 60 juta tahun, kelelawar dan ngengat telah berperang, bersaing satu sama lain dalam duel nokturnal.

Sepintas mungkin tampak seperti ketidakcocokan. Tidak hanya memiliki ukuran keuntungan yang signifikan, tetapi kelelawar juga memiliki sonar yang memungkinkan mereka untuk menavigasi dalam gelap.

Tapi penelitian telah menemukan bagaimana serangan kelelawar telah mendorong ngengat sutra Madagaskar untuk mengembangkan umpan kelelawar yang ada di dalamnya.

Mereka telah mengembangkan hindwings dengan "ekor" panjang dan rumit yang membelokkan sonar kelelawar dengan menciptakan target yang menyesatkan untuk mereka bidik.

Ketika kelelawar menukik untuk membunuh, mereka sering merindukan tubuh ngengat dan menyerang ekor yang dibuang.

Penulis bersama Dr Akito Kawahara dan timnya memetakan evolusi bentuk hindwing pada ngengat sutra melalui pohon keluarga yang terperinci.

Mereka menemukan bahwa evolusi panjang dan kompleksitas pengintaian tidak bertahap, tetapi melibatkan pergeseran mendadak dan tiba-tiba.

Loading...

Ini menunjukkan bahwa bentuk sayap tertentu secara signifikan lebih efektif dalam membelokkan kelelawar dibandingkan yang lain.

Empat kelas bentuk dikaitkan dengan kemampuan ngengat untuk melarikan diri dari predator mereka, dan bentuk yang hampir identik secara konsisten berkembang di antara ngengat yang tidak berhubungan.

"Kami melihat ngengat bergerak menuju puncak dari bentuk optimal dengan ngengat yang tidak terkait berkembang dengan cara yang sama," kata Dr Kawahara. "Ini berbicara pada tekanan selektif kelelawar pada mangsa mereka."

Dr Juliette Rubin, penulis utama studi tersebut, menyarankan bahwa strategi pertahanan ini mungkin merupakan kudeta untuk ngengat sutra.

"Prey mungkin berkembang dengan cara-cara yang mengeksploitasi kelemahan dalam armor persepsi predator mereka," kata Rubin. "Kami pikir ini terjadi di berbagai sistem, tidak hanya di ngengat."

Apa yang tidak jelas dalam salah satu perang terlama di alam adalah apakah kelelawar sekarang dapat berevolusi lagi untuk mendapatkan umpan - tetapi sejauh ini mereka belum dapat belajar bagaimana membedakan antara tubuh ngengat dan ekor umpannya.

Tags
Loading...
Loading...