Jumat, 06 Juli 2018 03:30 WITA

Larang Kunjungi Kotanya, Wali Kota Sheffield Anggap Donald Trump Tukang Sampah

Editor: Nur Hidayat Said
Larang Kunjungi Kotanya, Wali Kota Sheffield Anggap Donald Trump Tukang Sampah
Wali Kota Sheffield Magid Magid. (Sumber Foto: Twitter)

RAKYATKU.COM, SHEFFIELD - Wali Kota Sheffield Magid Magid melarang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkunjung ke kotanya. Itu dilakukan demi solidaritas untuk pemisahan keluarga imigran di AS-Meksiko.

Dilansir BBC, Magid Magid mengumumkan keputusannya saat rapat dewan Kota Sheffield sambil mengenakan topi Sombrero dan menyebut aksinya itu solidaritas untuk Meksiko. 

Anggota majelis Green Party itu juga mengirimkan tweet sindiran untuk Trump dan melarangnya masuk ke Kota Sheffield. 

"Saya Magid Magid, Wali Kota dan warga kota pertama yang menyatakan bahwa Donald Trump adalah seorang WASTEMAN, tetapi dia juga dilarang masuk ke Kota Sheffield!" cuit Magid Magid lewat akun Twitter pribadinya.

"Saya selanjutnya mendeklarasikan tanggal 13 Juli sebagai Hari Solidaritas Meksiko!"

Sindiran yang digunakan Magid untuk menyebut Trump adalah "wasteman" alias tukang sampah. Kata itu merupakan bahasa slang yang bermakna orang yang kurang pandai atau yang tidak melakukan apapun untuk hidupnya. 

Dewan Kota menyebut Magid tak punya kewenangan untuk melarang siapa pun berkunjung ke dalam kota, melainkan suara dewan kota penuh "mungkin melalui debat dan proses demokratis, setuju mengutuk pandangan individu atau organisasi".

Donald Trump memang memiliki rencana kunjungan kenegaraan ke Inggris pada 13 Juli mendatang. Namun, Magid mengatakan bila Trump tak disukai untuk berkunjung ke Sheffield.

"Kita harus jujur, tegas, dan berani menyuarakan pandangan kita. Sebagai pemimpin dunia dia (Trump) memiliki beban yang berat dan kita harus berjuang melawan kebencian itu," ujarnya.