Senin, 27 Juni 2016 13:21 WITA

Pengemis Musiman Menjamur Jelang Lebaran

Penulis: Mawardi
Editor: Jumardin Akas
Pengemis Musiman Menjamur Jelang Lebaran

?RAKYATKU.COM, ?SIDRAP - Selain pedagang musiman yang bermunculan di Bulan Ramadan, para pengemis juga terlihat banyak yang bermunculan.

Di Kabupaten Sidrap sejumlah pengemis yang diketahui berasal dari luar daerah menjamur. Hal itu terlihat di Desa Kalosi Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap, Senin (27/6/2016). Sejumlah pengemis yang berasal dari dari daerah tetangga mendatangi rumah warga dan meminta sumbangan.

Sallah satu pemilik rumah, Baharuddin (5) mengaku kasihan melihat anak-anak yang menggeluti pekerjaan seperti itu. "Kasihan, apalagi masih anak-anak," ujar Baharuddin.

Salah satu pengemis yang di temui, Dg Kulle mengaku berasal dari Makassar. Dia mengaku mengemis lantaran tidak ada biaya untuk keluarganya. "Dulu saya sekolah Pak di makassar sambil mengamen dan mengemis. Namun setelah keluarga saya jatuh sakit, saya pung putus sekolah dan melanjutkan pekerjaan yang biasa saya geluti, salah satunya mengemis, apalagi menjelang Ramadan," katanya.

loading...

Pihak Satol PP sidrap, Andi Hamzah mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan pasti soal adanya pengemis musiman yang makin banyak berkeliaran. "Kami belum terima laporan dari masyarakat, tapi kita bersama jajaran terus mengantisipasi khususnya di wilayah pasar yang saat ini padat aktivitasnya," jelas dia.

Meski begitu, Hamzah berjanji segera menerjukan personelnya untuk mengkonfirmasi kebenaran informasi itu. Langkah ini dilakukan untuk menghindari gangguan di tengah-tengah masyarakat. 
"Bagaimanapun kita harus saling memperingatkan satu sama lain. Apalagi ini bulan Ramadan. Agar tidak menggangu kelancaran dan kekhusyukan beribadah masyarakat," tutupnya. 

Loading...
Loading...