Senin, 27 Juni 2016 12:55 WITA

Badan POM Sulselbar Waspadai Beredarnya Vaksin Palsu

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Vkar Sammana
Badan POM Sulselbar Waspadai Beredarnya Vaksin Palsu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ditemukannya vaksin dan obat-obatan palsu di daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, menjadi warning untuk daerah lain termasuk Sulawesi Selatan. Meskipun, hingga saat ini belum ditemukan adanya vaksin palsu di Sulsel.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulselbar, Muhammad Guntur mengatakan, sebagai langkah antisipasi masuknya vaksin palsu tersebut ke wilayah Sulselbar, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit, Puskesmas, maupun Pos pelayanan kesehatan yang ada di desa-desa wilayah Sulselbar.

Bahkan, terhitung hari ini pihaknya juga akan turun langsung ke lapangan melakukan pengecekan. "Mulai hari ini kita akan turun ke lapangan khusunya di Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang menyalurkan ke apotik-apotik untuk mengecek obat-obatan dan vaksin yang ada agar yang beredar di masyarakat itu benar-benar yang asli, bukan vaksin palsu yang tidak jelas," ujarnya, Senin (27/6/2016).

Loading...

Namun, sayangnya pihaknya hanya terbatas pengawasan. Sehingga untuk menindaklanjuti jika ditemukan vaksin maupun obat-obatan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada aparat keamanan.

"Kita kan hanya fungsi pengawasan. Kalau ada, kita langsung menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk diproses sesuai aturan yang berlaku," jelasnya.

Tags
Loading...
Loading...