Kamis, 05 Juli 2018 13:40 WITA

Menlu AS Akan ke Korut, Bahas Program Senjata Nuklir

Editor: Suriawati
Menlu AS Akan ke Korut, Bahas Program Senjata Nuklir
Mike Pompeo

RAKYATKU.COM - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan perjalan ke Korea Utara pekan ini, untuk membahas program senjata nuklir Pyongyang, dan rencana denukliriasasi di semenanjung Korea.

Pompeo akan menghabiskan satu setengah hari di Korea Utara pada hari Jumat dan Sabtu. Ini akan menjadi perjalanan ketiganya ke negara itu selama tahun ini, dan yang pertama sejak pertemuan puncak antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Kim Jong-un di Singapura pada Juni 12.

Pada KTT Singapura, Kim membuat komitmen luas untuk "bekerja menuju denuklirisasi Semenanjung Korea," tapi tidak menyebutkan bagaimana atau kapan Pyongyang akan menghentikan program senjata nuklirnya.

Sejak saat itu, para pejabat AS telah berusaha untuk menyempurnakan kesepakatan itu. Namun pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tidak ada tanda-tanda terobosan ataupun sedikit kemajuan menuju denuklirisasi.

Apa yang dilihat justru pelunakan nyata dalam pendekatan pemerintahan Trump, terlepas dari penilaian intelijen yang mengatakan bahwa Korea Utara terus menipu Washington tentang program persenjataannya.

Pemerintah AS sebelumnya menuntut agar Korea Utara setuju untuk membatalkan seluruh program nuklirnya sebelum sanksi internasional-nya dicabut.

Loading...

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Bolton mengatakan pada hari Minggu bahwa sebagian besar program senjata Korea Utara dapat dibongkar dalam waktu satu tahun, "jika mereka memiliki keputusan strategis yang sudah dibuat untuk melakukan itu."

Namun, pada hari Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert menolak memberikan kerangka waktu untuk denuklirisasi Korea Utara.

“Saya tahu beberapa individu telah memberikan kerangka waktu, tapi kami tidak akan memberikan kerangka waktu untuk itu,” katanya. “Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tentu saja."

Sumber: Reuters

Loading...
Loading...