Kamis, 05 Juli 2018 10:59 WITA

Putra Al-Baghdadi, Pemimpin ISIS Tewas di Suriah

Editor: Suriawati
Putra Al-Baghdadi, Pemimpin ISIS Tewas di Suriah
Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS

RAKYATKU.COM - Putra Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin Negara Islam (IS/ISIS), tewas dalam serangan di provinsi Homs, Suriah.

Kantor berita yang Amaq, yang dijalankan ISIS, melaporkan pada hari Selasa (03/07/2018) bahwa Hudhayfah al-Badri tewas dalam "operasi melawan Nusayriyyah dan Rusia di pembangkit listrik tenaga panas di Homs."

Nusayriyyah adalah istilah yang digunakan oleh Negara Islam untuk sekte keagamaan Alawite, yang merupakan pasukan presiden Bashar Al-Assad.

Pernyataan itu disertai dengan foto seorang pemuda yang memegang senapan serbu. Namun, mereka tidak menyebukan kapan dia terbunuh.

Loading...

Negara Islam mendeklarasikan "kekhalifahan" lintas batas di Suriah dan Irak pada tahun 2014. Kini kelompok itu telah kehilangan banyak wilayah dan kehadirannya sekarang terbatas pada beberapa daerah. Kelompok ini diperkirakan menguasai tidak lebih dari 3 persen wilayah Suriah.

Desember lalu, pemerintah Irak menyatakan kemenangan atas Negara Islam, tapi militer Irak telah melanjutkan operasi reguler di daerah gurun di sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Sementara itu, Al- Baghdadi sendiri telah beberapa kali dilaporkan mati. Tapi sekarang dia dilaporkan masih hidup dan tinggal di wilayah Suriah yang berbatasan dengan Irak, menurut seorang pejabat intelijen Irak pada bulan Mei.

Loading...
Loading...