Rabu, 04 Juli 2018 21:48 WITA

Bikin Sertifikat TOEFL Palsu, Honorer Wanita Ditangkap di Kampus PPS UNM

Penulis: Himawan
Editor: Abu Asyraf
Bikin Sertifikat TOEFL Palsu, Honorer Wanita Ditangkap di Kampus PPS UNM
Barang bukti berupa sertifikat TOEFL palsu.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Polisi mengamankan seorang wanita berinisial ENA (32) karena telah memalsukan sertifikat Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) yang dikeluarkan laboratorium komunikasi UNM. Selain itu, ENA juga mengaku sebagai staf administrasi UNM. 

Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Iqbal Usman mengatakan bahwa pemalsuan sertifikat yang dilakukan ENA bermula ketika ia bertemu dengan korban R dan ketiga temannya ZH, F, dan S dan memberitahukan bahwa UNM sedang membuka lowongan untuk pegawai di bidang administrasi. 

Namun karena salah satu syarat penerimaan tersebut membutuhkan sertifikat TOEFL, maka ENA menyampaikan kepada R dan teman-temannya untuk memberinya sertifikat TOEFL dari laboratorium komunikasi UNM dengan syarat membayar Rp1.200.000 untuk setiap sertifikat. 

"Pada saat pertemuan pertama R beserta tiga temannya mengaku tidak punya sertifikat TOEFL makanya ENA mengatakan kepada R dan teman-temannya untuk mengurusi itu dengan syarat membayar. Uangnya diberikan di Cafe Red Corner pada 18 Juni lalu," kata Iqbal kepada Rakyatku.Com, Rabu (4/7/2018).

Iqbal mengatakan modus penipuan yang dilakukan ENA diketahui usai R beserta teman-temannya memasukkan berkas ke UNM. Namun bukannya mendapat jawaban yang baik, R beserta ketiga temannya mendapat informasi kalau UNM tidak pernah membuka lowongan staf administrasi. 

"Pihak UNM menyampaikan tidak pernah mengeluarkan sertifikat yang dimaksud. Pelaku menerangkan jika sertifikat tersebut dipalsukan dengan cara di-scan pada salah satu tempat di Jalan Emmy Saelan Makassar," imbuh Iqbal. 

ENA sendiri ditangkap oleh anggota polsek Rappocini di kampus Program Pasca Sarjana (PPS) UNM di Jalan Andi Djemma, Kecamatan Rappocini, Selasa sore (3/7/2018). Saat ini, wanita yang bekerja sebagai tenaga honorer di salah satu SMA di Gowa ini telah diamankan di mako Polsek Rappocini.