Rabu, 04 Juli 2018 11:12 WITA

Menyamar Jadi Gadis Cantik di Aplikasi Kencan, Hamas Gali Informasi dari Israel

Editor: Aswad Syam
Menyamar Jadi Gadis Cantik di Aplikasi Kencan, Hamas Gali Informasi dari Israel
Tentara Israel menggunakan aplikasi kencan.

RAKYATKU.COM, ISRAEL - Hamas dilaporkan memasang pose sebagai wanita muda dalam aplikasi kencan, untuk mencoba memancing tentara Israel dan mengumpulkan informasi keamanan yang sensitif dari ponsel mereka.

Pasukan Pertahanan Israel meluncurkan operasi intelijen militer yang dijuluki "Patah Hati", untuk mengungkap perangkap kelompok Hamas tersebut. Demikian dilaporkan The Jerusalem Post dan dikutip New York Post, Rabu (4/7/2018).

"Kami tahu siapa di balik ini," kata seorang pejabat senior IDF, intelejen Israel.

“Tidak ada kerusakan yang terjadi, karena kami menghentikannya tepat waktu. Tentu saja ada potensi bahaya serius bagi keamanan nasional.”

Plotnya mencakup dua aplikasi jejaring sosial - WinkChat dan GlanceLove - serta aplikasi sepak bola untuk penggemar Piala Dunia yang disebut GoldenCup, yang menyediakan streaming langsung dari permainan, lapor koran tersebut.

Aplikasi dipromosikan melalui berbagi Facebook dan pesan WhatsApp untuk pria dan wanita yang menyelesaikan wajib militer.

Setelah aplikasi palsu dipasang, mereka memberi Hamas kemampuan untuk menentukan lokasi dan daftar kontak tentara, dan menggunakan ponsel mereka sebagai perangkat pendengar dan kamera video.

Aplikasi yang ditampilkan di Google Play store, diunduh oleh 100 tentara, The Times of Israel melaporkan. Sejak itu mereka menghapus aplikasi tersebut.

Foto-foto yang ditampilkan pada aplikasi adalah wanita sejati - beberapa di antaranya berpakaian minim dan berciuman satu sama lain - yang gambar dan detail pribadinya dicuri dari profil Facebook mereka.

Profil-profil, yang ditulis dalam bahasa Ibrani, dikotori dengan bahasa gaul saat ini untuk membuatnya tampak otentik.

Hamas mencoba strategi serupa awal tahun lalu, menurut IDF.

Militer juga mengatakan, program kesadaran baru tentang keamanan cyber telah dilaksanakan.