Rabu, 04 Juli 2018 09:21 WITA

Dikawal Ketat ke Pengadilan, Najib Tersenyum ke Kamera

Editor: Aswad Syam
Dikawal Ketat ke Pengadilan, Najib Tersenyum ke Kamera
Najib Razak menyunggingkan senyum ke arah kamera, saat digiring ke ruang sidang Pengadilan Kuala Lumpur.

RAKYATKU.COM, KUALA LUMPUR - Sidang kasus dugaan korupsi Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, digelar pertama kalinya di Pengadilan Kuala Lumpur, Rabu (4/7/2018). Najib dikawal ketat saat masuk ke ruang sidang.

Mengenakan jas biru tua dipadu dasi merah, Najib tiba di Pengadilan Kuala Lumpur sekitar pukul 08.20 waktu setempat. Beberapa perwira polisi dari Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC), mengelilinginya, namun Najib tetap menyunggingkan senyum. Termasuk saat dijepret wartawan.

Najib dijadwalkan akan mendengarkan dakwaan yang dijeratkan kepadanya mulai pukul 08.30 waktu setempat. Sejumlah pendukung Najib tampak ikut hadir di kompleks pengadilan. Beberapa dari mereka bahkan meneriakkan slogan 'Save Najib' dan mengucapkan 'Allahuakbar!' berkali-kali saat Najib dibawa masuk ke ruang sidang. 

Dakwaan yang dijeratkan ke Najib belum diumumkan otoritas Malaysia. Namun sejumlah sumber yang dikutip kantor berita Bernama dan The Star menyebut, sedikitnya 10 dakwaan pidana, terutama pelanggaran kepercayaan terkait 1Malaysia Development Berhad (1MDB) akan dijeratkan ke Najib.

Loading...

Najib ditangkap penyidik MACC di kediaman pribadinya di Jalan Langgak Duta, Kuala Lumpur pada Selasa (3/7/2018) sore kemarin. Penangkapan ini terkait penyelidikan terhadap SRC International, bekas unit perusahaan 1MDB. Bukti yang didapat MACC akhir tahun 2015 menunjukkan aliran dana sebesar US$ 10,6 juta atau setara 42 juta ringgit (Rp146 miliar) dari SRC International telah ditransfer ke sebuah rekening milik Najib.

Usai ditangkap, Najib ditahan semalam di tahanan MACC sebelum dibawa ke pengadilan pada Rabu (4/7/2018) pagi ini. Kantor berita Bernama sempat melaporkan bahwa rombongan Najib dari kantor MACC yang ada di Putrajaya, sempat terjebak kepadatan lalu lintas pagi hari saat berangkat menuju pengadilan yang ada di Kuala Lumpur.

Loading...
Loading...