Rabu, 04 Juli 2018 08:18 WITA

China Ciptakan Senjata Laser AK-47 Mirip Blasters Star Wars

Editor: Suriawati
China Ciptakan Senjata Laser AK-47 Mirip Blasters Star Wars
Foto: South China Morning Post

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan Cina dilaporkan telah mengembangkan senjata laser baru, mirip dengan blasters yang digunakan dalam film Star Wars.

Senjata laser ZKZM-500 berbobot tiga kilogram, kira-kira sama dengan AK-47, dan memiliki jangkauan 800 meter, dan bisa dipasang pada mobil, kapal dan pesawat.

Dokumen yang dirilis di situs Public Service Platform for National Civil-Military Integration mengklasifikasikan ZKZM-500 sebagai "senjata tidak mematikan". Artinya mereka dianggap kurang mungkin untuk membunuh target hidup, tidak seperti pistol.

Namun, itu diklaim memiliki sinar energi yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, yang dapat melewati jendela dan menyebabkan 'karbonisasi' instan pada kulit dan jaringan manusia. Senjata laser ini juga diklaim mampu membakar pakaian dalam waktu sekejap.

Sekarang, senjata ini siap untuk diproduksi massal dan unit pertama kemungkinan akan diberikan kepada pasukan anti-terorisme di Polisi Bersenjata Cina.

Jika terjadi situasi penyanderaan, itu bisa digunakan untuk membobol jendela target dan melumpuhkan penculik sesaat, sementara unit lain masuk untuk menyelamatkan tawanan mereka.

Loading...

Itu juga bisa digunakan dalam operasi militer rahasia. Sinarnya cukup kuat untuk membakar melalui tangki bensin dan menyalakan fasilitas penyimpanan bahan bakar di bandara militer.

"Karena laser senjata itu disetel ke frekuensi tak terlihat, dan sama sekali tidak menghasilkan suara, maka tidak ada yang tahu dari mana serangan itu berasal. Ini akan terlihat seperti kecelakaan,” kata peneliti yang terlibat dalam pembuatan senjata tersebut.

Senjata tersebut akan didukung oleh baterai lithium yang dapat diisi ulang mirip dengan yang ditemukan di smartphone. Itu dapat menembakkan lebih dari 1.000 "tembakan", yang masing-masing bertahan tidak lebih dari dua detik.

Prototipe ini dibangun oleh ZKZM Laser, sebuah perusahaan teknologi yang dimiliki oleh institut di Xian. Perwakilan perusahaan menegaskan bahwa perusahaan sekarang mencari mitra yang memiliki lisensi produksi senjata atau mitra dalam industri keamanan atau pertahanan untuk memulai produksi berskala besar dengan biaya 100.000 yuan per unit.

Mengingat potensi penyalahgunaannya, desain dan produksi perangkat akan diawasi ketat dan satu-satunya pelanggan adalah militer dan polisi China.

Loading...
Loading...