Senin, 02 Juli 2018 15:40 WITA

Tatap Kursi Senayan, Begini Peluang Agus Arifin Nu'mang

Penulis: Fathul Khair
Editor: Mulyadi Abdillah
Tatap Kursi Senayan, Begini Peluang Agus Arifin Nu'mang
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Agus Arifin Nu'mang dipastikan mencoba peruntungan di Pemlu 2019 usai gagal di Pilgub Sulsel. Mantan wakil gubernur dua periode ini masuk dalam bursa calon DPR RI dari Partai Gerindra.

Agus akan diplot di dapil Sulsel 3 (Kabupaten Sidrap, Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, dan Kota Palopo).

Bagaimana peluang Agus lolos ke gedung kura-kura?

Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus mengatakan, memang nampaknya tak ada pilihan lain bagi Agus setelah gagal di Pilgub Sulsel, selain mencoba peruntungan melaju ke Senayan.

"Saya pikir memang Pak Agus tak punya banyak pilihan politik saat ini setelah gagal di Pilgub. Agar beliau tetap mampu eksis di perpolitikan, maka dia harus punya panggung dan menjadi anggota DPR RI salah satu pilihannya," kata Nurmal kepada Rakyatku.com, Senin (2/6/2018).

Peluangnya, menurut Nurmal tak bisa dibilang mudah. Sebab di Dapil 3 menurutnya ada banyak figur pengumpul suara yang harus dia lewati.

"Seperti SYL (Syahrul Yasin Limpo), RMS (Rusdi Masse), dan sederetan incumbent (DPR RI). Di Gerindra, dia akan berhadapan dengan incumbent Felicitas Tallulembang yang juga punya basis kuat di dapil 3," tambah mantan Ketua KPU Makassar ini.

Loading...

Meskipun kata Nurmal, Agus yang menjadi kontestan di Pilgub Sulsel, namun hasil itu diprediksi tidak akan sejalan dengan bakal suara Agus saat nyaleg nanti.

"Itu akan sulit linear. Di pilgub hanya ada empat pilihan (paslon Pilgub Sulsel). Di Pileg lebih banyak lagi pilihan lain. Dan figur yang relatif punya relasi kedekatan yang lebih dekat dengan pemilih," ujarnya.

Belum lagi, Agus harus bersaing dengan incumbent, Felicitas. Ditambah mantan bupati Enrekang dua periode, La Tinro La Tunrung yang juga ikut nyaleg.

Ketiganya lanjut dia, punya basis kuat. Felicitas punya basis tradisional di Tana Toraja dan Luwu Raya. La Tinro berbasis di Enrekang dan sebagian Luwu. Sementara Agus punya basis kuat di Sidrap dan Pinrang.

"Menurut saya, untuk lolos Pak Agus harus berani melakukan perluasan pengaruh di Tana Toraja. Selain itu ia harus terus merawat basis suaranya di wilayah itu yang ia dapat di Pilgub Sulsel ini," pungkasnya.

Loading...
Loading...