Senin, 02 Juli 2018 10:44 WITA

Iran Pastikan Gagalkan Upaya AS Blokir Ekspor Minyak

Editor: Andi Chaerul Fadli
Iran Pastikan Gagalkan Upaya AS Blokir Ekspor Minyak
[Ebrahim Noroozi / Associated Press]

RAKYATKU.COM - Iran telah bersumpah untuk menggagalkan upaya AS untuk memblokir ekspor minyaknya dengan memungkinkan perusahaan swasta untuk mengekspor minyak mentah.

Eshaq Jahangiri, wakil presiden pertama Iran , juga memperingatkan  produsen saingan OPEC Arab Saudi  bahwa itu tidak akan mengambil "tempat" Teheran di pasar minyak internasional.

"Kami pasti akan melakukan sesuatu untuk menggagalkan seruan AS bahwa minyak Iran [ekspor] harus dibendung," kata Jahangiri dalam pidato selama acara ekonomi yang disiarkan di televisi pemerintah, dikutip dari Al Jazeera, Senin (2/7/2018).

"Pemerintah [Iran] memiliki rencana ... dan Insya Allah kami yakin bahwa kami akan dapat menjual minyak sebanyak yang kami inginkan," tambah Jahangiri.

Iran sedang mencari cara untuk terus mengekspor minyak setelah pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengancam akan menjatuhkan sanksi pada mitra bisnis Iran jika mereka tidak memotong impor minyak Iran ke "nol" pada 4 November,  dalam upaya untuk mengisolasi lebih lanjut Teheran secara politik dan ekonomi.

India , pembeli terbesar minyak Iran setelah China , telah meminta penyuling pada Kamis untuk mempersiapkan  "pengurangan drastis atau nol"  impor minyak Iran untuk melindungi eksposurnya terhadap sistem keuangan AS.

"Minyak mentah Iran akan ditawarkan di bursa dan sektor swasta dapat mengekspornya secara transparan," kata Jahangiri di acara tersebut. 

"Kami ingin mengalahkan upaya Amerika ... untuk menghentikan ekspor minyak Iran.

"Minyak sudah ditawarkan di bursa, sekitar 60.000 barel per hari, tetapi itu hanya untuk ekspor produk minyak," kata Jahangiri.

Iran memiliki bursa minyak dan petrokimia sebagai bagian dari pertukaran perdagangannya.

Mengacu pada laporan bahwa Arab Saudi dapat meningkatkan ekspor minyaknya untuk menggantikan minyak Iran di pasar dunia, Jahangiri mengatakan: "Siapa pun yang mencoba merebut pasar minyak Iran [saham] akan melakukan pengkhianatan besar terhadap Iran dan suatu hari akan membayarnya."

Tags