Senin, 02 Juli 2018 08:24 WITA

19 Tewas Dalam Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Editor: Suriawati
19 Tewas Dalam Bom Bunuh Diri di Afghanistan
Ledakan juga menyebabkan bangunan di dekatnya rusak (EPA)

RAKYATKU.COM - Sedikitnya 19 orang tewas dalam pemboman bunuh diri di kota Jalalabad, Afghanistan timur. Sebagian besar korban merupakan anggota minoritas Sikh di negara itu.

Direktur kesehatan Nangarhar Najibullah Kamawal mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa 17 dari mereka yang tewas adalah orang Sikh dan Hindu. Dia menambahkan bahwa 20 orang lainnya terluka.

Di antara mereka yang tewas adalah satu-satunya kandidat Sikh yang merencanakan untuk ikut serta dalam pemilihan parlemen bulan Oktober.

Polisi mengatakan para korban sedang bepergian dengan kendaraan untuk bertemu Presiden Ashraf Ghani, yang mengunjungi provinsi Nangarhar, ketika pembom menyerang.

19 Tewas Dalam Bom Bunuh Diri di AfghanistanJuru bicara gubernur Attaullah Khogyani mengatakan, pembom tersebut membidik kendaraan itu ketika melewati alun-alun Mukhaberat di kota. Ledakan itu juga merusak toko-toko dan gedung-gedung di sekitarnya.

Kelompok Negara Islam (IS/ISIS) telah mengatakan bahwa mereka melakukan serangan itu.

Kedutaan India di Kabul mengutuk serangan tersebut sebagai aksi terorisme. "Serangan itu menggarisbawahi perlunya perjuangan global bersatu melawan terorisme internasional tanpa diskriminasi," kata pernyataan dari kedutaan, dikutip BBC, Senin (02/07/2018).