Senin, 25 Juni 2018 15:09 WITA

Pemerintah Setuju 27 Juni Libur Nasional Pilkada Serentak

Editor: Nur Hidayat Said
Pemerintah Setuju 27 Juni Libur Nasional Pilkada Serentak

RAKYATKU.COM, JAKARTA - KPU mengusulkan momen pencoblosan Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018 sebagai Hari Libur Nasional. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolukam), Wiranto, menyebut pemerintah sudah menyetujui usulan itu.

"Diusulkan hari Pilkada Serentak diliburkan secara nasional, dan ini sudah disetujui pemerintah," kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta, dikutip Liputan6.com, Senin (25/6/2018).

Menurut Wiranto, usulan libur nasional datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat koordinasi di Kemenkopolhukam.

Dalam rapat tersebut, KPU mengusulkan adanya satu hari libur nasional tidak hanya di 171 daerah provinsi, kabupaten, kota yang menyelenggarakan Pilkada. "Alasanya ada mobilisasi massa. Kalau hanya 171 daerah saja mobilisasi massa terganggu," kata Wiranto.

Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik mengatakan, permohonan libur Pilkada tersebut sudah diterima pihak Sekretariat Negara dan masih dalam tahap proses. Akmal meyakini keputusan itu akan segera diumumkan dalam jangka waktu dua hari ke depan.

"KPU usulkan, sudah diusulkan saat ini tengah diproses Setneg. Satu atau dua hari akan keluar. Namun kita tidak tahu apa hari libur nasional atau daerah yang selenggarakan pencoblosan juga," ujar Akmal di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6).