Minggu, 24 Juni 2018 18:08 WITA

JK Resmikan Gedung Baru PMI, IYL: Nilai Kemanusiaannya Memang Tinggi

Editor: Andi Chaerul Fadli
JK Resmikan Gedung Baru PMI, IYL: Nilai Kemanusiaannya Memang Tinggi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meresmikan markas baru Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel di Jalan Lanto Dg. Pasewang, Minggu (24/6/2018).

Kehadiran ini sekaligus memberikan motivasi berlebih bagi para pengurus PMI dari berbagai daerah Sulsel yang hadir pada kesempatan ini. Pasalnya, peresmian ini tidak masuk dalam agenda Jusuf Kalla yang telah direncanakan sebelumnya saat melakukan kunjungan kerja di Makassar. 

Adalah ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo yang membuat Jusuf Kalla hadir pada peresmian markas baru PMI Sulsel ini. Pertemuannya di acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar di hotel Clarion membuat Ketua Umum PMI Pusat ini memutuskan untuk meresmikan markas baru PMI. 

"Karena kecintaannya terhadap PMI dan persoalan kemanusiaan maka pak Jusuf Kalla ketua umum mengatakan kepada saya untuk mau meresmikan walaupun waktunya tidak lama,"kata Ichsan saat memberikan sambutan. 

Sementara itu, Jusuf Kalla sesaat sebelum meresmikan markas baru PMI Sulsel mengapresiasi perubahan markas baru PMI Sulsel yang dinilainya mengalami perkembangan yang baik dengan sangat cepat. 

Ia pun mengungkapkan markas baru ini akan membuat para relawan akan bekerja secara maksimal untuk melakukan aksi kemanusiaan-kemanusiaan ke depannya terutama untuk menyimpan hasil donor darah agar tetap steril dan memiliki kualitas yang baik. 

"Palang Merah sebenarnya organisasi besar di dunia karena semua negara punya organisasi ini. Hal ini juga karena memang kemanusiaan itu sifatnya universal, tidak bisa diskriminatif,"kata Jusuf Kalla. 

"Cuma tiga yang punya nama markas, tentara, polisi dan pmi. Kenapa tidak pakai nama kantor, karena kalau kantor ada jam kerjanya. Kalau tentara, polisi, dan PMI itu tidak ada jam kerjanya. Begitu ada bencana harus bergerak itulah semuanya namanya markas,"tuturnya.

Di markas baru PMI yang berlantai tiga ini dibangun di masa sejak IYL menjadi Ketua PMI Sulsel. Kini setelah rampung dan bisa difungsikan, Ichsan dan pengurus akan menempatinya untuk urusan kemanusiaan.

Gedung baru PMI tersebut terbangun melalui sumbangan sejumlah pengurus, dan bantuan sejumlah pihak tanpa menggunakan anggaran dari pusat. 

Sebelumnya saat masih tahap perampungan, Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla sempat melakukan kunjungan. Saat itu, JK memuji kinerja IYL yang dinilainya sangat tanggap dan cepat mengurus PMI.