Minggu, 24 Juni 2018 08:05 WITA

Polisi Cekik Ketua AJI Palu saat Razia, Bilang "Wartawan Kemarin Sore"

Penulis: M. Qadri
Editor: Nur Hidayat Said
Polisi Cekik Ketua AJI Palu saat Razia, Bilang

RAKYATKU.COM, PALU - Razia rutin yang dilakukan jajaran anggota Kepolisian Resor Palu Sabtu (23/6/2018) di Jalan Jabal Nur, memperlihatkan perbuatan tidak menyenangkan terhadap masyarakat.

Salah seorang pengendara yang merupakan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu Muhammad Iqbal dicekik oleh salah satu anggota kepolisian yang ikut serta melakukan razia.

"Kendaraan saya diamankan karena tidak membawa STNK, namun pada saat menunggu jemputan, tiba-tiba saya ditarik di leher baju, diseret, dicekik, dan diancam dipukul ke tempat agak gelap," ungkap Ketua AJI Palu Muhammad Iqbal di Propam Polda Sulteng.

Selain itu, Muhammad Iqbal mendapat tindakan tidak menyenangkan oleh oknum Polisi tersebut, berupa kata-kata kasar dan menyebut “wartawan kemarin sore”. Bahkan Muhammad Iqbal ditantang untuk melapor ke orang paling tinggi di Polda Sulteng.

Oknum polisi tersebut adalah Ipda Pirade, menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Palu Timur. Kejadian bermula sekitat pukul 21.00 Wita, Iqbal sedang mengendarai sepeda motor menuju rumah sepulang dari Graha Pena, Jalan Yos Sudarso.

Muhammad Iqbal melaporkan kejadian tersebut ke Propam Polda Sulteng. Dalam Laporan Polisi bernomor STPL: 65/VI/2018 itu diterima Bripka Rudy Labato, pada Minggu (24/6/2018) pukul 01:30 Wita.