Sabtu, 23 Juni 2018 09:53 WITA

Pakai Kutipan Nazi untuk Inspirasi Mahasiswa, Universitas Exeter Minta Maaf

Editor: Suriawati
Pakai Kutipan Nazi untuk Inspirasi Mahasiswa, Universitas Exeter Minta Maaf
Universitas Exeter (Google Map)

RAKYATKU.COM - Universitas Exeter di Inggris meminta maaf setelah menggunakan kutipan dari seorang jenderal perang Nazi untuk menginspirasi mahasiswa.

Menurut Sky News, Layanan karir di Universitas Exeter mengutip Erwin Rommel, seorang jenderal Nazi Perang Dunia II yang dikenal sebagai "Desert Fox," dalam sebuah email yang dikirim kepada staf dan siswa.

Kutipan tersebut berbunyi "Jangan lewatkan kesempatan unik hanya karena hal-hal sepele."

Menanggapi hal tersebut, organisasi mahasiswa National Union of Students mengatakan bahwa mahasiswa Yahudi telah merasa semakin tidak aman di universitas, dan ketakutan anti-Semitisme meningkat.

"Exeter harus mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan dan memberikan jaminan yang cukup bahwa sesuatu seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi," kata kelompok tersebut.

Menanggapi hal tersebut, seorang juru bicara universitas mengatakan bahwa anggota staf yang memilih kutipan itu tidak tahu siapa Rommel, dan informasi itu diambil dari generator kutipan acak.

"Ini adalah kesalahan asli dan sama sekali tidak disengaja, namun kami meminta maaf tanpa syarat atas pelanggaran apa pun yang mungkin ditimbulkan, dan telah menempatkan proses tambahan untuk memastikan ini tidak terjadi lagi," kata pernyataan itu.

BBC melaporkan  bahwa kutipan Rommel tersebut berasal dari kampanye melawan pasukan Inggris di Afrika Utara, ketika dia memimpin Korps Afrika Jerman.

Sementara para sejarawan memperdebatkan seberapa dekat Rommel mendukung rezim Nazi, surat kabar mahasiswa, The  Falmouth Anchor melaporkan bahwa ia menjabat sebagai komandan pengawal pribadi Hitler, namun, ia meninggal setelah dituduh terlibat dalam komplotan untuk membunuh Hitler.