Jumat, 22 Juni 2018 17:21 WITA

H-5 Pencoblosan, Keppres Libur Pilkada Baru Diwacanakan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
H-5 Pencoblosan, Keppres Libur Pilkada Baru Diwacanakan
Sumber Foto: Kompas.com

RAKYATKU.COM - Meski hari pelaksanaan pemungutan suara tersisa lima hari lagi. Nyatanya, tanggal 27 Juni 2018 belum ditetapkan sebagai libur nasional.

Bahkan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, Keppres libur Pilkada baru diwacanakan.

"Tadi diusulkan oleh KPU, alangkah baiknya jika kemudian diliburkan secara nasional," ujarnya seusai memimpin rapat koordinasi persiapan akhir Pilkada Serentak 2018, seperti yang dikutip dari Kompas, Jumat (22/6).

Menurutnya, usulan KPU tersebut perlu melalui sejumlah proses administrasi di pemerintahan. Sehingga masih membutuhkan waktu hingga ada keputusan. Tetapi ia memastikan, usulan libur nasional Pilkada Serentak tersebut bukanlah sesuatu yang muncul tiba-tiba.

Usulan ini sebelumnya telah terdengar. Namun, terdapat perbedaan pendapat dalam menyikapinya. Pasalnya, jika hari pencoblosan Pilkada Serentak dijasikan libur nasional, maka akan diberlakukan secara nasional di seluruh daerah di Indonesia.

Namun, ada pula yang menilai bahwa libur tersebut cukup berlaku di 171 daerah, yang menyelenggarakan Pilkada. 

"Tetapi ternyata dari hasil kajian tadi, dari rapat tadi, ada suatu mobilitas pemilih yang tidak hanya di 171 daerah itu. Mobilitas pemilih ini di seluruh daerah. Ada daerah yang tidak melaksanakan Pilkada, tapi mungkin ada beberapa pejabatnya, itu KTP-nya domisilinya mungkin masih di tempat lain," kata dia.

"Nah dengan demikian kalau yang diliburkan hanya di 171 daerah, dengan mobilitas seperti itu, maka tentu akan mengganggu kan? Oleh karena itu ya tadi diusulkan oleh KPU, alangkah baiknya jika kemudian diliburkan secara nasional," sambung dia.

Wiranto menyadari hari pencoblosan Pilkada sudah sangat dekat sebab tinggal 5 hari lagi yakni tanggal 27 Juni 2018. Namun ia mengatakan, untuk saat ini, ia bisa bicara agar usulan itu bisa segara ditindaklanjuti.