Kamis, 21 Juni 2018 12:07 WITA

Lihat Video Aliran Lava Gunung Berapi Kilauea!

Editor: Suriawati
Lihat Video Aliran Lava Gunung Berapi Kilauea!

RAKYATKU.COM - Survei Geologi AS (USGS) merilis video baru yang menunjukkan aliran lava gunung berapi Kilauea, Hawaii. Rekaman tersebut diambil dari Fissure 8 yang sangat aktif, yang telah melepaskan lava selama lebih dari sebulan.

Video menunjukkan lava mengalir keluar dari fissure 8 dan masuk ke saluran utama, di mana lava bergerak hingga 24 km per jam. Aliran melambat secara signifikan sebelum mencapai lautan.

“Dari fisura 8, lava mengalir bebas di atas jeram kecil ke saluran utama. Di dekat lubang angin, lava bergerak sekitar 24 km per jam. Lava melambat menjadi sekitar 2 km per jam (1,5 mi per jam) di dekat pintu masuk samudra di Kapoho,” demikian penjelasan USGS

Video ini diambil pada 17 Juni oleh Observatorium Gunung Api USGS Hawaiian.

Loading...

Letusan gunung berapi Kilauea dimulai pada 3 Mei dan telah berlangsung selama lebih dari satu bulan, tanpa tanda-tanda berakhir dalam waktu dekat.

Baru-baru ini kekuatan letusan meningkat, dan laju aliran lava dari celah 8 meningkat secara signifikan.

Konsekuensinya dirasakan sejauh Kepulauan Marshall, yang saat ini tertutup kabut asap vulkanik. Namun, area yang secara fisik terancam oleh gunung berapi tetap relatif kecil dibandingkan dengan ukuran pulau Hawaii.

Loading...
Loading...