Kamis, 21 Juni 2018 10:33 WITA

Kanada Akan Legalkan Ganja Rekreasi Mulai Oktober

Editor: Suriawati
Kanada Akan Legalkan Ganja Rekreasi Mulai Oktober
Seorang pria merokok ganja selama rally ganja 4/20 tahunan di Parliament Hill di Ottawa, Ontario, Kanada, pada tanggal 20 April. (Reuters)

RAKYATKU.COM - Penggunaan ganja rekreasi akan segera legal di Kanada, setelah Senat meloloskan RUU "bersejarah" pada hari Selasa (19/06/2018) dengan suara 52-29.

Tindakan untuk melegalkan penggunaan ganja rekreasi pertama kali diperkenalkan pada 13 April 2017, dan kemudian disahkan di House of Commons pada bulan November. Persetujuan senat baru-baru ini adalah rintangan terakhir yang dilewati Bill C-45, atau dikenal sebagai Cannabis Act.

Legalisasi ganja adalah salah satu janji penting yang dibuat Perdana Menteri Justin Trudeau selama kampanye pemilu 2015. Trudeau mengatakan legalisasi dan mengatur ganja akan membantu mencegah penyalahgunaan, dan mencatat bahwa lebih mudah bagi pemuda untuk membeli rokok ganja daripada sebotol bir.

Ganja medis telah legal di Kanada sejak tahun 2001 untuk pasien dengan resep yang valid. Tapi undang-undang baru ini berarti orang dewasa akan dapat membeli ganja nonmedicinal dari dealer resmi, dan memiliki sebanyak 1,1 ons obat ketika di depan umum. 

Orang-orang juga akan dapat memiliki tanaman ganja sebanyak empat tanaman untuk penggunaan pribadi, dari benih atau bibit dari pemasok berlisensi.

Kanada akan menjadi negara kedua di dunia yang menerapkan undang-undang untuk mengizinkan pasar ganja nasional. Uruguay adalah negara pertama yang melegalkan produksi, penjualan, dan konsumsi ganja pada Desember 2013.

Tags