Selasa, 19 Juni 2018 19:23 WITA

AS-Korsel Tangguhkan Latihan Perang untuk Agustus

Editor: Suriawati
AS-Korsel Tangguhkan Latihan Perang untuk Agustus
Latihan militer bersama Korea Selatan dan Amerika pada bulan April 2017.

RAKYATKU.COM - Pentagon telah mengumumkan penangguhan latihan militer besar dengan Korea Selatan, sesuai janji Presiden Donald Trump usai bertemu dengan Kim Jong-un.

"Konsisten dengan komitmen Presiden Trump dan dalam kesepakatan dengan sekutu Republik Korea kami, militer Amerika Serikat telah menangguhkan semua rencana war games pertahanan bulan Agustus ini," kata kepala juru bicara Pentagon Dana White dalam sebuah pernyataan, Senin (18/06/2018).

“Kami masih mengoordinasi tindakan tambahan. Tidak ada keputusan tentang war games berikutnya yang dibuat,” katanya.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan Korea Selatan membenarkan keputusan itu. Ia mengatakan bahwa Seoul telah setuju dengan Washington untuk menangguhkan latihan pada bulan Agustus.

Latihan militer yang ditangguhkan ini dinamai Ulchi Freedom Guardian, dan merupakan agenda tahunan rutin Amerika dengan Korea Selatan.

Tahun lalu latihan Ulchi Freedom Guardian berlangsung selama 11 hari dan melibatkan 17.500 pasukan Amerika, termasuk sekitar 3.000 orang dari luar semenanjung, dan 50.000 tentara Korea Selatan.

Latihan itu termasuk simulasi komputer yang dilakukan di bunker besar di ibukota Seoul, yang dimaksudkan untuk memeriksa kesiapan para sekutu untuk melawan agresi oleh Korea Utara.

Menanggapi penangguhan latihan ini, para pejabat Pentagon dan pejabat militer senior AS mengatakan bahwa kesiapan tempur Amerika Serikat tidak akan menderita secara dramatis dengan melewatkan satu latihan perang besar. Tapi itu bisa bergeser secara dramatis jika beberapa latihan besar dibatalkan dari waktu ke waktu.