Senin, 18 Juni 2018 21:45 WITA

27 Juli, Mars Paling Dekat ke Bumi

Editor: Aswad Syam
27 Juli, Mars Paling Dekat ke Bumi
27 Juli mendatang, Mars mendekati Bumi.

RAKYATKU.COM - Mars ditetapkan untuk pertemuan terdekatnya dengan Bumi, sejak 2003 lalu, ketika mencapai 'oposisi' dengan Matahari. 

Planet Merah akan tampak besar dan cerah di langit pada hari-hari sekitar 27 Juli, yang berarti akan terlihat oleh mata telanjang. 

Di Inggris, paling mudah untuk melihat Mars sebelum fajar. Inilah yang dikatakan Nasa tentang Mars menjadi oposisi: "Seperti semua planet di tata surya kita, Bumi dan Mars mengorbit matahari. Tapi Bumi lebih dekat ke matahari, dan karena itu berlari di sepanjang orbitnya lebih cepat. Bumi membuat dua perjalanan mengelilingi matahari dalam waktu yang sama dengan waktu yang dibutuhkan Mars untuk melakukan satu perjalanan. 

"Jadi kadang-kadang dua planet berada di sisi berlawanan dari matahari, sangat berjauhan, dan lain waktu, Bumi menangkap dengan tetangganya dan melewati yang relatif dekat dengannya."

Terakhir kali, tipuan mengklaim Mars akan tampak sebesar bulan. Ini jelas tidak benar, karena Mars hanya setengah ukuran Bumi dan sekitar 34 juta mil jauhnya. Meskipun demikian, para pengamat bintang tentu diperlakukan dengan pemandangan spektakuler ketika Planet Merah berada dalam oposisi. 

Nasa menambahkan: "Selama oposisi, Mars dan matahari berada di sisi Bumi yang berhadapan langsung. Dari perspektif kita tentang dunia kita yang berputar, Mars terbit di timur ketika matahari terbenam di barat. Kemudian, setelah begadang di langit sepanjang malam, Mars terbenam di barat persis ketika matahari terbit di timur. 
"Karena Mars dan matahari muncul di sisi langit yang berlawanan, kita mengatakan bahwa Mars berada dalam 'pertentangan.' Jika Bumi dan Mars mengikuti orbit yang melingkar sempurna, oposisi akan sedekat kedua planet itu. 

"Jika Anda khawatir bahwa 15 tahun adalah waktu yang lama, yang berarti keajaiban selestial adalah pertanda buruk, Anda mungkin mengambil beberapa jaminan untuk mendengar oposisi kembali di noughties adalah pendekatan terdekat Mars dalam 60.000 tahun.