Kamis, 14 Juni 2018 23:36 WITA

Walau Dilarang, Pemkab Soppeng Tetap Laksanakan Festival Takbir Keliling

Editor: Nur Hidayat Said
Walau Dilarang, Pemkab Soppeng Tetap Laksanakan Festival Takbir Keliling

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak, melepas peserta festival takbir keliling di lapangan Gasis, Kamis (14/06/2018). Puluhan mobil hias turun ke jalan sambil bersahut-sahutan mengumandangkan takbir.

Kaswadi dalam sambutannya mengatakan, festival atau parade takbir ini merupakan cara masyarakat Soppeng melepas bulan suci Ramadan.

"Setiap tahun kami rutin melaksanakan kegiatan ini. Ini juga merupakan salah satu bentuk syiar Islam di Kabupaten Soppeng yang kita cintai ini," tutur Kaswadi.

Beberapa waktu lalu Plt Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, mengeluarkan surat edaran yang melarang setiap kabupaten dan kota di Sulsel melakukan takbir keliling.

"Sebelumnya ada edaran dari Plt Gubernur Sulawesi Selatan tanggal 8 Juni 2018, tentang imbauan kepada bupati dan wali kota untuk tidak melaksanakan pawai takbir keliling guna mengantisipasi timbulnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan sehingga situasi trantibmas dapat terjaga dengan baik," kata Kaswadi.

"Namun dapat kita lihat kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jauh dari segala masalah karena sudah menjadi tradisi dan kearifan lokal bagi masyarakat Soppeng dan seluruh umat muslim untuk menyambut hari raya Idulfitri," ungkapnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan gema takbir ini adalah utusan Forum Forkopimda Soppeng, utusan SKPD, BUMN, para utusan desa dan kelurahan. Kegiatan ini menarik perhatian dari masyarakat Soppeng yang terlihat turun ke jalan menyaksikan kegiatan tahunan ini.