Jumat, 15 Juni 2018 05:15 WITA

Tayangkan KTT Trump-Kim, TV Korut Sebut Kim 'Pemimpin Dunia Terkemuka'

Editor: Suriawati
Tayangkan KTT Trump-Kim, TV Korut Sebut Kim 'Pemimpin Dunia Terkemuka'
Warga Korea Utara menonton rekaman berita negara dari pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Donald Trump di Pyongyang (AFP)

RAKYATKU.COM - Televisi negara Korea Utara pada hari Kamis (14/06/2018) menyiarkan cuplikan pertemuan bersejarah Kim Jong-un dengan Donald Trump di Singapura, dengan laporan yang menggambarkan Kim sebagai "pemimpin dunia terkemuka" yang dihormati secara universal.

Tayangan 40 menit yang disiarkan oleh Televisi Sentral Korea mengambil kesempatan untuk menghimpun pujian pada Kim, menunjukkan rekaman saat ia berjalan-jalan di tepi pantai Singapura. Dikatakan bahwa "dia disambut dengan rasa hormat yang mendalam dan antusiasme yang tak terbatas."

"Singapura, kota yang indah dan berkembang, telah menjadi semakin terkenal karena pertemuan abad ini," demikian laporan tersebut terdengar.

"Jalan-jalan penuh sesak dengan orang-orang yang penuh hormat terhadap pemimpin Kim, yang datang untuk memimpin politik dunia dengan kecerdasan politiknya yang luar biasa," katanya.

"Kim disambut hangat oleh orang banyak di mana pun ia muncul," disusul dengan tayangan yang menunjukkan Kim berjalan melalui Gardens by the Bay ditemani oleh Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, sementara orang-orang mengambil gambar mereka.

"Pertemuan abad ini yang ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia akhirnya terjadi pada hari Selasa. Siapa yang bisa membayangkan bahwa kedua pemimpin bertemu dan mengambil langkah besar menuju rekonsiliasi?"

Tayangan itu juga memamerkan adegan yang mencakup hari yang sangat dinanti-nantikan, termasuk jabat tangan pertama Kim dan Trump di depan bendera nasional mereka, saat mereka sedang duduk untuk berunding, makan siang, menandatangani pernyataan bersama dan ketika Trump menunjukkan limusin lapis bajanya kepada Kim.

"Presiden Trump menunjukkan kepada pemimpin Kim, Beast-nya dan menyatakan rasa hormat dan kekaguman tanpa akhir untuk pemimpin Kim," kata narator.

Video berakhir dengan adegan Kim kembali ke rumah disambut karpet merah, lengkap dengan penjaga dan kerumunan orang yang bersorak-sorai dan melambai-lambaikan bendera di bandara Pyongyang.

"Seluruh negeri dengan sepenuh hati menyambut kepulangan pemimpin dunia terkemuka, dihormati oleh semua orang di bawah langit," demikian kesimpulannya.

Media pemerintah Korea Utara yang dikontrol ketat telah dengan antusias melaporkan KTT itu sebagai pencapaian besar bagi negara itu.