Kamis, 14 Juni 2018 22:41 WITA

Selama Mudik, KMP Awu-awu Angkut 1.620 Penumpang

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Nur Hidayat Said
Selama Mudik, KMP Awu-awu Angkut 1.620 Penumpang

RAKYATKU.COM, BARRU - Selama periode mudik Lebaran Idulfitri, PT ASDP Indonesia Ferry kantor cabang Batulicin mencatat ada 1.620 total penumpang yang telah diangkut melalui rute Pelabuhan Garongkong, Barru (Sulsel) menuju-Batulicin (Kalsel) dan sebaliknya.

Para penumpang mudik Lebaran itu diangkut menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Awu-awu.

Supervisor PT ASDP Pelabuhan Garongkong Barru, Muhammad Idris, berujar para penumpang tersebut diangkut selama tiga kali pemberangkatan.

"Kalau dari Garongkong, Barru ke Batulicin total penumpang sekitar 120 orang dalam periode 3 kali pemberangkatan. Begitupun sebaliknya, kalau dari Batulicin ke Barru ada sekitar 1.500 orang dalam periode 3 kali pemberangkatan," kata Muhammad Idris melalui sambungan telepom, Kamis (14/6/2018).

Idris mengatakan, jumlah pemudik tahun ini di pelabuhan Garongkong relatif sama jumlahnya dibandingkan tahun lalu. "Tidak ada perbedaan signifikan soal jumlah penumpang dibanding musim mudik tahun ini," ungkapnya.

Meski demikian, pihak PT ASDP kantor cabang Batulicin mengklaim sudah mempersiapkan segala sesuatunya jauh hari untuk menghadapi mudik dan arus balik.

"Persiapan mudik dan arus balik tahun ini, kita berikan dispensasi tambahan penumpang hingga 750 orang. Selain itu kita juga alat pengaman penumpang di Kapal," ungkapnya.

Hingga saat ini, PT ASDP cabang Batulicin sudah mengentikan pengoperasian KMP Awu-awu dalam melayani arus mudik, sejak tanggal 10 Juni 2018. 

KMP Awu-awu dijadwalkan kembali beroperasi pada tanggal 19 Juni mendatang untuk melayani arus balik di pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru.