Kamis, 14 Juni 2018 04:14 WITA

Ini Saran Soni Sumarsono Agar Tragedi Kapal Tenggelam di Makassar Tak Terulang

Editor: Fathul Khair Akmal
Ini Saran Soni Sumarsono Agar Tragedi Kapal Tenggelam di Makassar Tak Terulang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Duka mendalam dirasakan keluarga korban tragedi tenggelamnya kapal Arista di perairan Makassar, Rabu (13/6/2018) siang.

Usai tenggelamnya kapal tersebut, tim gabungan langsung melakukan pencarian. Namun pencarian tersebut dihentikan sementara untuk dilanjutkan hari berikutnya.

Tenggelamnya kapal Arista mengundang perhatian semua pihak. Untuk mengantisipasi tak terjadinya hal serupa, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono mengatakan tragedi tersebut harus dijadikan pembelajaran semua pihak.

"Pasca kejadian ini kita sudah berembuk untuk cegah agar kejadian serupa tak terulang lagi," ungkap Soni, di RA TNI Angkatan Laut, Makassar.

Soni juga mengatakan, pasca kejadian tersebut harus ada edukasi terhadap rakyat kepulauan terkait bahaya perairan, terutama saat menggunakan perahu. Dengan kejadian tersebut, warga pulau harus dibekali dengan ilmu keselamatan dalam berlayar.

“Perlu ada edukasi untuk memberi kesadaran pada nelayan, penggna perahu terkait keselamatan penumpang dan keselamatan berlayar. Bagaimana hitungan kapasitas kapal. Bagaimana kapal seperti itu (Arista) ditumpangi puluhan orang ditambah motor sehingga keseimbangan terganggu, kalau ombak datang pasti akan terguling. Yang seperti ini harus diberi edukasi,” tambahnya.

Soni menambahkan, dengan adanya edukasi, diharapkan tidak akan ada lagi kejadian yang sama. Soni juga berharap dengan adanya edukasi maka akan meningkatkan pemahaman mereka terhadap bahaya dalam melintasi lautan. 

Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi penumpang atau pemilik kapal yang memaksakan muatan yang tak sesuai dengan kapasitas kapal.

“Kita harus tekankan edukasi nelayan ataupun penumpang dimana ada kapasitas tertentu. Penumpang terkadang tak sabar,” pungkasnya.