Kamis, 14 Juni 2018 03:30 WITA

Mengenal Kim Jong-un dari Gaya, Sepatu, dan Potongan Rambutnya

Editor: Suriawati
Mengenal Kim Jong-un dari Gaya, Sepatu, dan Potongan Rambutnya
Kim Jong-un (Foto: AAP)

RAKYATKU.COM - Korea Utara adalah negara tertutup, dan karena itulah tidak banyak yang diketahui tentang pemimpinnya.

Tak heran, kemunculan Kim Jong-un di mata publik menarik banyak perhatian. Seperti apa dia dan bagaimana kepribadian-nya? mari mengenalnya lebih jauh dari penampilannya.
 
Setelan gaya mayo
Media telah berspekulasi sebelum pertemuan puncak bahwa Kim mungkin mengenakan jas dan dasi, sebagai ganti setelan gaya-mayo gelapnya yang khas.

Namun pria berusia 34 tahun itu muncul dalam seragam komunis yang sama. Beberapa pengamat mengatakan pakaian Kim menunjukkan dia ingin mempertahankan identitas sosialis negaranya meskipun dia sekarang ingin meningkatkan hubungan dengan dunia luar.

Lencana
Setiap warga Korea Utara yang berbakti harus memakai lencana yang menampilkan gambar ayah dan kakek Kim Jong-un sebagai bagian dari kultus kepribadian yang mengelilingi keluarga Kim. Namun Kim tidak mengenakannya selama bertemu Trump.

Analis mengatakan penampilan tanpa lencana Kim mungkin mencerminkan dorongannya untuk membuka era baru dengan tetap berada di luar bayang-bayang pendahulunya.

Sepatu
Kim memiliki tinggi sekitar 170 sentimeter, sekitar 20 sentimeter lebih pendek dari Trump, menurut laporan media. Tapi ketika keduanya berdiri bersama selama pertemuan hari Selasa, perbedaan ketinggian mereka tidak begitu terlihat.

Media Korea Selatan dengan cepat berspekulasi bahwa Kim mungkin mengenakan sepatu hak atau sisipan sepatu yang ditinggikan.

Foto-foto dari upacara penandatanganan mereka menunjukkan Kim mengenakan sepatu hitam berhak meskipun tidak segera diketahui berapa tingginya.

Mengenal Kim Jong-un dari Gaya, Sepatu, dan Potongan RambutnyaGaya rambut
Kim memiliki gaya rambut sweptback dengan sisi dan punggungnya dicukur rapi, dan para ahli mengatakan itu bagian dari usahanya untuk menyamakan penampilannya dengan kakeknya Kim Il-sung yang mendirikan Korea Utara pada tahun 1948. Kim Jong-un juga mengadopsi gerakan kakeknya.

Kacamata
Akhir-akhir ini, Kim sering memakai sepasang kacamata. Pada bulan Maret, tayangan TV menunjukkan Kim mengenakan kacamata untuk membaca surat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Media Korea Selatan berspekulasi bahwa pandangan Kim mungkin telah memburuk karena diabetes yang disebabkan oleh kegemukan dan kemungkinan dia rabun dekat.