Rabu, 13 Juni 2018 18:38 WITA

13 Penumpang Meninggal, Ini Kronologi Kapal Tenggelam di Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
13 Penumpang Meninggal, Ini Kronologi Kapal Tenggelam di Makassar
Dicky Sondani

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabid Humas Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes) Dicky Sondani mengungkapkan penyebab tenggelamnya kapal yang menewaskan 13 orang siang tadi di perairan Makassar, Rabu (13/6/2018). Kapal ini dari Pelabuhan Paotere menuju Pulau Barang Lompo. 

Menurut Dicky, faktor cuaca jadi pemicu tenggelamnya kapal penumpang tersebut.

"Situasi waktu laut itu angin kencang dan ombak tinggi karena kapal berangkat sekitar pukul 12.45 Wita.l," ungkapnya saat ditemui di RS Angkatan Laut, Makassar, Rabu (13/6/2018).

Ia menjelaskan, awalnya kapal berjalan normal. Namun mendekati Pulau Kayangan, kapal dihempas ombak yang cukup tinggi.

"Jadi yang tidak bisa berenang inilah yang tenggelam. Sekitar Pulau Kayangan dekat dengan tanggul reklamasi lokasi kejadiannya. Tidak terlalu jauh juga dari Pelabuhan Paotere, tapi karena ombak yang tinggi jadi susah menyelematkan diri," urainya. 

Kelebihan muatan juga menjadi pemicu tenggelamnya kapal. Sebab diakuinya, kapal dengan bahan kayu itu sebenarnya hanya kapal nelayan namun digunakan sebagai alat transportasi laut.

"Kapal ini memang tidak bersyarat berlayar itu karena nelayan 15 orang saja itu sudah maksimal. Ini 37 orang ditambah lagi sepeda motor dan setiap penumpang tidak menggunakan pelampung," tutupnya. 

Adapun  data yang sementara dirilis Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Basarnas) Makassar, sebanyak 37 orang menjadi korban. 13 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Selebihnya masih dirawat di RS setempat.