Rabu, 13 Juni 2018 13:05 WITA

Begini Upaya Dinkes Bantaeng Cegah Risiko Kecelakaan di Musim Mudik

Editor: Andi Chaerul Fadli
Begini Upaya Dinkes Bantaeng Cegah Risiko Kecelakaan di Musim Mudik

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng melaksanakan kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Kecelakaan dan Cedera (GAKCE) bagi para sopir angkutan kota di  Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantaeng.

Dikatakan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018. Yang digelar atas kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia Resort Bantaeng, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantaeng, dan Brigade Siaga Bencana Kabupaten Bantaeng dalam wadah PSC 119 Kabupaten Bantaeng.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Armansyah memaparkan, bahwa kegiatan tersebut terbagi dalam dua tahap pada tanggal 12 Juni 2018 (arus mudik) dan 19 Juni 2018 (arus balik).

"Untuk Deteksi Dini Faktor Risiko Kecelakaan dan Cedera (GAKCE) kemarin (arus mudik) sudah digelar. Dan akan kembali dilakukan pada waktu arus balik tanggal 19 Juni nanti," ungkapnya, Rabu (13/6/2018).

 "Dengan hadirnya kegiatan pemeriksaan ini, diharapkan akan mampu mengurangi faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan dan cedera di jalan raya selama arus mudik dan balik tahun 2018," jelasnya.

Pada kegiatan itu, Kasat Lantas Polres Bantaeng, AKP Jaka Santosa memimpin langsung Polisi Lalu Lintas untuk menghentikan kendaraan umum dan mengarahkan para sopir angkutan kota dalam menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan.

Ada sebanyak 60 sopir angkutan kota yang menjalani serangkaian tes, diantaranya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol, pemeriksaan narkoba  (Amfetamine, Morfine, Ganja) dan pemeriksaan alkohol.

Dimana hasil pemeriksaan tersebut, dinyatakan para sopir itu negatif pada semua sampel urine sopir yang dilakukan uji narkoba.

Tags