Rabu, 13 Juni 2018 04:45 WITA

Tambang Asteroid Bisa Bernilai Rp9,7 Kuadriliun

Editor: Suriawati
Tambang Asteroid Bisa Bernilai Rp9,7 Kuadriliun
NASA memperkirakan bahwa total nilai asteroid di luar sana bisa mencapai $700 triliun.

RAKYATKU.COM - Ada cara baru untuk menjadi seorang miliarder, yaitu dengan menambang asteroid. NASA memperkirakan bahwa total nilai asteroid di luar sana bisa mencapai $700 triliun atau sekitar Rp9,7 kuadriliun.

Menurut laporan Metro UK, beberapa perusahaan kini sedang membangun mesin-mesin yang bisa membawa manusia ke luar angkasa.

Salah satunya adalah perusahaan Inggris AMC (Asteroid Mining Corporation). Mereka bermimpi bisa mengirim pesawat luar angkasa kecil untuk mengambil platinum. Ini sangat umum di asteroid, tapi sangat mahal di Bumi.

Perusahaan-perusahaan Amerika seperti Planetary Resources, yang didukung oleh sutradara Titanic, James Cameron, juga sudah merencanakan untuk mengirim kendaraan robotik untuk menambang logam mulia dan sumber daya langka dari asteroid. 

Beberapa orang bahkan meramalkan bahwa kekayaan mineral di luar angkasa begitu luas sehingga bisa menghancurkan ekonomi dunia kita.

Sementara itu, NASA akan meluncurkan misi Psyche pada 2022, dan akan menargetkan asteroid kaya logam yang dikenal sebagai 16 Psyche. Ini diperkirakan bernilai £8.000 kuadriliun.

Peneliti utama Psyche, Lindy Elkins-Tanton dari Arizona State University mengatakan awal tahun ini bahwa asteroid selebar 124 mil akan bernilai sangat besar jika kita bisa menyeretnya kembali ke Bumi.