Jumat, 15 Juni 2018 01:00 WITA

Bapenda Imbau Wajib Pajak Lebih Awal Bayar Pajak

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bapenda Imbau Wajib Pajak Lebih Awal Bayar Pajak

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar mencatat realisasi pajak daerah atau pendapatan asli daerah (PAD) sampai awal Juni mencapai Rp351 miliar atau sekitar 35,41 persen dari target tahun ini.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan mengimbau, wajib pajak untuk lebih awal membayar pajak nya. Mengingat tahun ini libur lebaran cukup panjang. Terlebih, pihaknya sudah membuka gerai pelayanan yang berdampingan langsung dengan BPD sehingga mempermudah pembayaran pajak.

“Kita massifkan pendekatan secara personal kepada wajib pajak untuk lebih awal melakukan pembayaran, karena bulan ini libur cukup panjang sampai 11 hari,” kata Irwan.

Irwan menuturkan, hingga saat ini pendapatan pajak daerah mengalami surplus. Hal itu bila dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama, pendapatan pajak daerah sudah mengalami surplus sampai Rp52 miliar.

“Pendapatan kita sampai saat ini sudah mengalami surplus Rp52 miliar, tapi sampai akhir tahun kita butuh surplus sekitar Rp150 miliar sampai Rp200 miliar,” kata Irwan.

Dari seluruh objek pajak, lanjut Irwan, hanya ada beberapa pajak yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Misalnya, pajak hiburan, hotel, restoran BPHTB, dan reklame.

“PBB nanti bulan Agustus, September baru mengalami kenaikan yang signifikan. Kalau burung walet akhir tahun juga, tapi itu tidak terlalu berpengaruh, yang paling berpengaruh itu ada beberapa jenis, termasuk retoran, BPHTB, dan hotel,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan yaitu tetap menjalin koordinasi yang baik dengan mitra, seperti PLN disektor pajak penerangan jalan (PPJ), dan BPD (Bank Sulselbar) untuk mempermudah pembayaran.