Jumat, 15 Juni 2018 04:00 WITA

PLN Akan Bangun Transmission Line dan Gitet 275 Kv di 4 Kabupaten

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
PLN Akan Bangun Transmission Line dan Gitet 275 Kv di 4 Kabupaten

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT PLN (persero) unit induk pembangunan Sulawesi bagian selatan, berencana untuk membangun transmission line (T/L) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (gitet) terkait.

Pembangunan itu akan dilakukan di empat kabupaten di Sulsel, yakni Jeneponto, Takalar, Gowa dan Maros. Diketahui, surat permohonan izin tersebut telah dimasukkan pada tanggal 31 Mei lalu, ke Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulsel.

Kepala DPLH Sulsel, Andi Habis Nur mengatakan, kegiatan pembangunan Transmission Line dan gitet terkait, dapat menimbulkan dampak positif dan negatif terhadap komponen lingkungan.

"Dampak saluran tegangan tinggi tentu akan menimbulkan radiasi gelombang elektronik di sekitar bentangan kabel dan kemungkinan adanya hubungan singkat bila terjadi putus kabel," terangnya.

Namun ia menuturkan, rencana pembangunan transmission line (T/L) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (gitet) terkait dengan kapasitas 275 kv itu juga memiliki manfaat yang besar bagi banyak pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, serta masyarakat.

"Dengan adanya jaringan sutet ini akan membantu pemerataan pemanfaatan listrik dari yang punya kapasitas listrik besar ke daerah yang rendah kapasitas listriknya. Disamping itu, hal ini juga untuk menyatukan sistem listrik di sulsel khususnya," jelas Hasbi.