Minggu, 17 Juni 2018 19:41 WITA

Ini Perbedaan Situng KPU dengan Quick Count Lembaga Survei

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Ini Perbedaan Situng KPU dengan Quick Count Lembaga Survei

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menyongsong pencoblosan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menyiapkan Sistem Informasi Penghitungan (Situng).

Adapun fungsi sistem ini untuk mengetahui jumlah penghitungan suara (real count) kurang dari 24 jam setelah pemungutan suara dilakukan.

Kepala Sub Bagian Teknis KPU Sulsel, Muh Asri, menjelaskan Situng KPU ini sangat jauh berbeda dengan sistem perhitungan cepat (quick count) oleh lembaga survei yang sudah mendapatkan akreditasi di KPU Sulsel.

"Hitung cepat lembaga survei pada dasarnya hanya menggunakan sampel TPS, sementara Situng KPU ini mengambil hasil perhitungan di seluruh TPS yang berjumlah 17.140 di Sulsel," tuturnya, belum lama ini.

Menurut Asri, pemindaian data dilakukan di tingkat kabupaten/kota. KPU akan menggunakan tim entry yang jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya TPS di kabupatenl/kota tersebut.

"Mereka bertugas memindai dan memasukkan data di website. Ada grafiknya juga dengan entry. Jadi ada bentuk gambar dan ada grafik," jelasnya.

Situng ini, menurut Asri, bakal dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang menggelar pencoblosan Pilkada serentak pada 27 Juni mendatang.

"Sistem ini dimaksudkan untuk mengurangi tindak kecurangan. Jadi, selain untuk memberikan informasi yang lebih cepat, Situng ini diharapkan bisa mempersempit ruang bagi orang-orang yang mau main-main dengan hasil perhitungan. Form ini juga nanti akan dijaga oleh kepolisian saat dibawa berjenjang," tuturnya.

Terpisah, Komisioner Divisi Teknis KPU Sulsel, Fatmawati Rahim mengakui sampai saat ini persiapan Situng disebut sudah sangat matang. Apalagi, beberapa waktu lalu sudah ada simulasi Situng secara nasional. 

"Simulasi tersebut dimaksudkan untuk melihat apakah ada kendala untuk melaksanakan Situng ini atau tidak. Kita sudah simulasi secara nasional pada tanggal 7 Juni. Jadi ada satu rangkap C1 yang akan dipindai dan diupload pada hari H. Jadi itu informasi cepat, targetnya semua harus sudah biasa diakses pada hari H," kata Fatmawati.

Sekadar diketahui, dengan Situng ini, KPU Sulsel menargetkan semua hasil perhitungan Pilkada Serentak 2018 sudah bisa tayang sebelum pukul 23.59 pada tanggal 27 Juni nanti.