Jumat, 15 Juni 2018 05:57 WITA

Manfaat Sertifikat PIRT Bagi Pelaku UMKM

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Manfaat Sertifikat PIRT Bagi Pelaku UMKM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Industri lokal memiliki tantangan tersendiri untuk meningkatkan daya saing, agar tetap dapat bertahan dan berkembang menjadi pasar yang kompetitif.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal mengatakan, salah satu ciri industri yang siap bersaing di tengah masyarakat yakni menggunakan bahan yang berkualitas dan berkualitas, serta selalu berinovasi dalam menghasilkan produk.

"Disamping itu, ada beberapa sertifikasi dasar yang harus dimiliki pelaku KUMKM, yakni sertifikasi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga)," katanya.

Ia menambahkan, sertifikasi PIRT merupakan komponen yang penting, karena berperan sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman yang dijual memenuhi standar keamanan makanan.

"Hal itu diharapkan, bisa menjawab permintaan pasar global dan pasar retail modern. Tentunya pemerintah siap memberikan fasilitasi bagi para pelaku usaha yang memiliki potensi untuk berkembang," terangnya.

Ia pun mengimbau, agar setiap pelaku UMKM yang belum memiliki sertifikasi PIRT, untuk segera melakukan pengurusan sertifikasi. Pasalnya, hal itu akan berdampak pada pemasaran produk.

"Sertifikasi PIRT ini tentu akan memudahkan pengusaha untuk menembus pasar," tukasnya.